Senin, 11 Apr 2022 10:00 WIB

Waduh! Singapura Tarik 3 Produk Cokelat Kinder karena Salmonella

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kinder Surprise Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Badan Makanan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) mengatakan telah menarik tiga produk camilan cokelat Kinder terkait kontaminasi salmonella. Salah satu produknya berasal dari Belgia.

"Mereka adalah Kinder Mini Eggs, Kinder Egg Hunt Kit dan Kinder Surprise Maxi dari Belgia," beber SFA yang dikutip dari Channel News Asia, Senin (11/4/2022).

"Produk yang terpengaruh memiliki tanggal kedaluwarsa sebelum antara 20 April dan 21 Agustus 2022," lanjutnya.

SFA mengungkapkan tindakan penarikan terbaru ini mengikuti peringatan yang dikeluarkan oleh Otoritas Keamanan Pangan Irlandia. Produk tersebut ditarik karena kemungkinan kontaminasi salmonella, yaitu bakteri patogen yang bisa menyebabkan gejala seperti berikut:

  • Demam
  • Kram perut
  • Diare

SFA tengah mengarahkan Redmart dan Le Petit Depot untuk menarik kembali produk tersebut. Sebelumnya, SFA mengatakan bahwa penarikan produk camilan ini sudah berlangsung sejak Rabu (6/4) lalu.

"Konsumen yang telah mengkonsumsi produk yang terlibat dan memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mereka harus melakukan konsultasi medis. Konsumen dapat menghubungi importir jika ada pertanyaan terkait kasus ini," kata SFA.

Sebelumnya, otoritas kesehatan Belgia juga telah memerintahkan perusahaan Ferrero, yang memproduksi cokelat Kinder, untuk menangguhkan produksi di pabriknya di Arlon, Belgia. Hal ini dilakukan usai badan kesehatan Eropa meluncurkan penyelidikan terhadap lusinan kasus salmonella yang berkaitan dengan produk cokelat tersebut.

Selain Singapura dan Belgia, ada beberapa negara lain yang juga menarik produk cokelat Kinder. Negara-negara tersebut yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Irlandia, dan Luksemburg.

Simak juga Video: Cara Bakteri Salmonella Masuk ke Tubuh

[Gambas:Video 20detik]



(sao/kna)