ADVERTISEMENT

Senin, 11 Apr 2022 14:24 WIB

Kapan Vaksin COVID-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun? Ini Kata Kemenkes

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun digelar di SDN Suryakencana CBM, Kota Sukabumi. Beberapa anak tampak menangis dan menutup mata saat disuntik. Vaksin COVID-19 (Foto: Siti Fatimah)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 memang sangat penting dilakukan untuk mencegah gejala perburukan hingga mutasi varian baru dari virus Corona. Pemberian vaksin pun sudah dilakukan untuk sejumlah masyarakat, seperti orang dewasa, lansia, hingga anak usia 6 tahun ke atas. Lantas, bagaimana dengan usia di bawah 6 tahun?

Champion imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Arifianto, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa pemberian vaksin COVID-19 untuk anak usia di bawah 6 tahun masih belum diperbolehkan di Indonesia lantaran menunggu rekomendasi dari panel ahli.

"Dalam pemberian vaksin secara massal dari bagian program pemerintah, akan melibatkan panel ahli juga kan dari ITAGI. Itu akan ada pembahasan dari panel ahli yang mereka merasa diminta untuk diminta rekomendasi. Sampai nanti ada rekomendasi dari panel ahli baru kita bisa mendapatkan vaksin tersebut. Jadi, sabar aja, tunggu aja," tutur Arifianto, dalam konferensi pers Pekan Imunisasi Dunia, Senin (11/4/2022).

Sementara itu Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr Prima Yosephine, MKM mengatakan pemberian vaksin anak untuk usia di bawah 6 tahun harus melewati sejumlah rangkaian, seperti mendapatkan izin untuk pemakaian dalam emergensi (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sekaligus rekomendasi dari ITAGI.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui apakah vaksin tersebut aman digunakan untuk anak di bawah usia 6 tahun atau tidak.

"Sabar menunggu, karena memang kita hanya memberikan vaksin dalam rangka COVID ini ya, adalah vaksin yang sudah keluar rekomendasi dari ITAGI-nya dan sudah memiliki izin untuk pemakaian dalam emergensi (EUA) yang dikeluarkan dalam BPOM, jadi sudah terbukti keamanannya. Untuk vaksin anak usia di bawah 6 tahun itu nanti kami juga akan melalui alur yang sama untuk bisa meminta rekomendasi dari ahli," katanya.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT