Tinggi Kandungan Air, 5 Buah Ini Cocok Jadi Kudapan Buka Puasa

ADVERTISEMENT

Tinggi Kandungan Air, 5 Buah Ini Cocok Jadi Kudapan Buka Puasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 11 Apr 2022 18:01 WIB
Fresh sliced watermelon wooden  old background
Foto: iStock
Jakarta -

Saat berbuka puasa dianjurkan mengkonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu agar perut tidak begah. Buah jadi salah satu kudapan yang dianjurkan karena kandungan airnya dapat membantu menggantikan cairan tubuh.

Nah di antara berbagai jenis buah yang ada, mana yang memiliki kandungan air paling tinggi?

Berikut 5 buah yang dianjurkan untuk buka puasa seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang paling tinggi mencapai 92 persen. Dikutip dari Healthline, dalam satu cangkir (154 gram) buah semangka bisa terdapat sekitar 118 mililiter (ml) air.

Buah semangka juga kaya vitamin C, vitamin A, magnesium, dan serat.

Karena kandungan airnya yang tinggi, buah semangka mengandung sedikit kalori. Oleh karena itu cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjaga diet untuk menguruskan badan.

2. Stroberi

Stroberi jadi buah berikutnya dengan kandungan air yang tinggi, mencapai 91 persen dari total beratnya. Mengkonsumsi stroberi saat berbuka puasa bisa membantu mengatasi dehidrasi akibat berpuasa seharian.

Dalam stroberi terdapat vitamin C, folat, mangan, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

3. Blewah

Blewah buah yang mirip seperti melon, hanya saja dagingnya lebih bewarna oranye kekuningan. Blewah bisa memiliki kandungan air sampai 90 persen dan kaya akan vitamin A.

Vitamin A penting untuk menjaga imunitas, melindungi tubuh dari infeksi.

4. Persik

Buah persik kaya akan serat dan air, mencapai hampir 90 persen total beratnya. Di dalam buah persik juga terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan potasium yang penting untuk menjaga imunitas.

Mengkonsumsi buah persik selain bisa cukup mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah populer lainnya yang diketahui tinggi akan kandungan air, sekitar 88 persen dari total beratnya. Jeruk juga kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bisa berperan sebagai antioksidan, mengurangi peradangan.

Rutin mengkonsumsi jeruk disebut dapat membantu mencegah batu ginjal. Ini karena kandungan asam sitratnya bisa membantu meluruhkan zat yang ada untuk dikeluarkan bersama urine.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT