Selasa, 12 Apr 2022 03:00 WIB

Sakit Gigi Kambuh Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Gigi sakit saat puasa (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat berpuasa, sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Namun seringkali banyak yang mengeluh sakit gigi saat puasa. Benar nggak sih puasa bikin sakit gigi?

Dokter gigi dari klinik Aesthetic Pondok Indah drg Yulita Dora mengatakan puasa tidak meningkatkan risiko sakit gigi, terlebih jika seseorang rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi sebelum memasuki bulan Ramadan.

Sakit gigi juga tidak disebabkan karena asam mulut meningkat. Kondisi mulut asam penyebab gigi berlubang disebut akan sering dialami mereka yang salah cara menyikat gigi.

"Gigi berlubang itu kan kalau hyginenya buruk, misalnya memang udah nggak pernah kontrol, scaling, itu bisa berlubang. Kalau saat puasa kondisi giginya bersih, nggak mungkin pas lebaran gigi jadi berlubang atau sakit," beber dr Dora, sapaannya, kepada detikcom, Senin (11/4/2022).

Salah satu hal yang meningkatkan risiko sakit gigi saat berpuasa ketika jika terlalu banyak makan makanan manis. Makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan sakit gigi saat puasa. Oleh karena itu dianjurkan menyikat gigi dengan benar setelah sahur dan berbuka puasa.

"Makanan manis kan suka nempel tuh ke permukaan gigi, jadi ketika kita berpuasa, bukan cuma bikin bau, tapi bisa bikin gigi sakit," kata dr Dora.

Lebih lanjut, dr Dora mengatakan untuk rutin memeriksakan dan menjaga kesehatan gigi meski di bulan puasa.

"Kalau gigi dalam keadaan sehat, ketika puasa tidak akan membuat gigi berlubang atau sakit," pungkas dr Dora.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)