Rabu, 13 Apr 2022 06:00 WIB

Bukan XE, Ini Varian Baru Corona yang Paling Dominan di RI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Varian Corona yang paling dominan di RI, bukan XE. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menegaskan varian XE, gabungan Omicron BA.1 dan BA.2 belum ditemukan di Indonesia. Begitu pula dengan varian XD dan XF, rekombinan COVID-19 Delta dan subvarian Omicron BA.1.

Berdasarkan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) sejak Januari 2022, sudah ada 9.385 spesimen yang disequence. Jumlahnya terus meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Ini sebenarnya sudah naik lima kali dibandingkan minggu ke 13 di tahun 2021," terang juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers Selasa (12/4/2022).

Varian Delta yang sempat mendominasi di Indonesia kini digantikan varian Omicron. Kemenkes juga melaporkan peningkatan signifikan subvarian Omicron BA.2 atau 'son of Omicron' sudah terjadi sejak Januari 2022.

"Kita juga melihat secara nasional varian Omicron mendominasi varian COVID-19 terutama dengan kita melihat adanya peningkatan proporsi subvarian BA.2," kata dia.

"Varian yang cukup mendominasi adalah varian Omicron, varian Delta sudah semakin turun distribusinya di Indonesia, kita berharap bahwa target pemeriksaan WGS ini kita tingkatkan, walaupun kasus konfirmasi positif terus menjadi penurunan," pungkas dr Nadia.



Simak Video "Heboh Varian Baru XE, WHO Sebut Lebih Menular Dibanding Omicron BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)