ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Apr 2022 14:30 WIB

Kenapa Kinder Joy Ditarik BPOM? Ini Perjalanan Kasusnya Terkait Salmonella

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
kinder joy Kinder Joy. (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik peredaran Kinder Joy untuk sementara waktu menyusul kebijakan sejumlah negara. Tapi, kenapa Kinder Joy ditarik BPOM?

Kasusnya berawal dari sejumlah negara Eropa yang mulai menarik produk telur cokelat Kinder karena kekhawatiran terkontaminasi Salmonella. Beberapa negara dengan kemungkinan atau kasus salmonella yang dikonfirmasi adalah Perancis, Irlandia, Belgia, Jerman, Luksemburg, Belanda, Swedia dan Norwegia.

Belakangan, negara tetangga Singapura juga ikut menarik produk telur coklelat Kinder karena alasan kehati-hatian.

Awal Mula Kasus

Badan Keamanan Kesehatan Inggris menyatakan, setidaknya sebanyak 63 kasus penyakit terkait dengan produk tersebut telah diidentifikasi. Sebagian besar pasien adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun.

Sementara itu Ferrero selaku pemilik merek Kinder menarik sejumlah produk telur 20 gram satuan dan produk telur yang datang dalam kemasan tiga buah dengan tanggal "baik digunakan sebelum" 11 Juli 2022 dan 7 Oktober 2022.

Badan Kesehatan Uni Eropa (European Union's health agency) juga menyelidiki lusinan kasus salmonella yang dilaporkan yang berkaitan dengan telur cokelat Kinder. Kasus ini setidaknya telah dilaporkan di sembilan negara.

Mereka bersama Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) menyelidiki sekitar 134 kasus salmonella yang kemungkinan terkait dengan produk tersebut.

"Wabah ini ditandai dengan tingginya proporsi anak-anak yang dirawat di rumah sakit," kata Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC).

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT