Puasa Ramadan Bisa Bantu Pangkas Lemak, Ade Rai Jelaskan Alasannya

ADVERTISEMENT

Puasa Ramadan Bisa Bantu Pangkas Lemak, Ade Rai Jelaskan Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 13 Apr 2022 15:32 WIB
Ade Rai di event goifex.
Ade Rai. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Berpuasa di bulan Ramadan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Ada manfaat yang luar biasa saat berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Binaragawan Ade Rai menjelaskan berpuasa di bulan Ramadan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Jika selama ini tubuh ketergantungan karbohidrat, pada saat puasa, tubuh akan cenderung menggunakan cadangan lemak sebagai energi.

"Dengan kita puasa, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk switch metabolisme yang selama ini kita rely on glucose atau gula, akhirnya pelan-pelan kita akan memakai cadangan lemak yang ada di badan kita untuk dipecah menjadi energi," kata Ade Rai dalam Talkshow bersama FITA, Rabu (13/4/2022).

Membatasi konsumsi karbohidrat yang tinggi gula saat berpuasa akan menurunkan kadar gula darah penyebab banyak penyakit. Tidak hanya itu, manfaat lain dari puasa adalah menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.

"Itu adalah gambaran secara umum betapa aktivitas puasa tidak hanya memberikan kesucian secara keimanan, tapi juga imun, kalau kita melakukannya dengan baik dan cerdas," beber Ade Rai.

Di sisi lain, ada banyak penelitian yang membahas mengenai manfaat berpuasa. Manfaat ini termasuk perubahan ritme sirkadian, perbaikan metabolisme, dan penurunan kadar glukosa yang berdampak pada turunnya risiko berbagai penyakit.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT