Senin, 20 Des 2021 06:35 WIB

Rahasia Ade Rai Tetap Berotot Meski Usia Tak Lagi Muda

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikHealth
Jakarta -

Sosok I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha alias Ade Rai selalu mengundang decak kagum. Di usia yang sudah tidak lagi muda, badannya masih tetap berotot. Keturunan vampire?

"Iya jadi betul sekali. Saya ini bukan keturunan vampire," tegas Ade Rai sambil terkekeh, menjawab rasa penasaran soal penampilannya yang nggak tua-tua.

Menurut Ade Rai, proses penuaan bisa dihambat ketika seesorang punya kemampuan untuk menjaga komposisi tubuh. Sesederhana itu ternyata.

"Jadi bayangkan tubuh kita itu sebuah perusahaan dimiliki oleh 5 pemegang saham. Cairan harus diseimbangkan, organ tubuh harus dilestarikan kesehatannya, tulang harus kuat, otot harus kencang, lemak harus rendah," jelas Ade Rai.

"Nah selama kita bisa mempertahankan status tersebut, maka percaya atau tidak kitanya tidak akan berubah bentuknya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Ade Rai menyarankan untuk rajin olahraga jika ingin awet muda seperti dirinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga umur biologis tetap muda, meski penuaan dari sisi umur kronologis tidak bisa dihindari.

"Makanya kenapa istilahnya orang-orang bilang, umur kronologis bisa tua. Tapi umur biologis bisa muda, karena kita balik," pesan Ade Rai.

(up/up)