Rabu, 13 Apr 2022 19:01 WIB

Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Berjerawat Termasuk Lho

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Ada sejumlah ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Mengingat perubahan kehamilan tak hanya dilihat dari perubahan payudara ataupun berat badan.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon saat hamil yang membuat kondisi tubuh mengalami perubahan, termasuk area wajah. Diketahui, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah itu dapat terjadi selama sembilan bulan lamanya lho. Seperti apa sih?

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

Dikutip dari FirstCry Parenting, pada Rabu (13/4/2022), berikut ini merupakan ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

1. Melasma

ciri-ciri orang hamil dari raut wajah pertama adalah melasma. Kondisi ini merupakan hiperpigmentasi akibat perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Adapun tanda melasma di wajah, seperti munculnya bercak cokelat di area dahi, pipi, atau dagu.

Meskipun demikian, melasma juga dapat terjadi akibat paparan sinar matahari.

2. Hidung bengkak

Hidung bengkak adalah salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan sirkulasi darah di selaput lendir, sehingga hidung akan terlihat lebih besar dan lebar.

3. Wajah bengkak

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah berikutnya bisa terlihat dari wajah yang bengkak. Pasalnya, selain terjadi pada kaki dan tangan, wajah juga bisa mengalami pembengkakan selama kehamilan.

Bentuk wajah akan menjadi lebih bulat dan tembem selama hamil. Namun, tak perlu khawatir, wajah yang bengkak umumnya akan kembali normal setelah melahirkan.

4. Jerawat

Tak hanya pada saat menstruasi, munculnya jerawat juga bisa menandakan ciri-ciri orang hamil dari raut wajah lho. Hal tersebut disebabkan ada peningkatan hormon yang membuat produksi minyak meningkat sehingga memicu munculnya jerawat.

5. Kulit wajah sensitif

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya, yaitu kulit wajah menjadi lebih sensitif selama kehamilan. Hal ini membuat kulit menolak produk kecantikan yang biasa digunakan sebelum hamil.

Apabila masih tetap ingin menggunakan produk kecantikan, disarankan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah produk tersebut aman untuk kehamilan atau tidak.

6. Kulit berminyak

Selain sensitif, kehamilan juga bisa membuat kulit wajah seseorang menjadi berminyak. Sebab, kadar hormon yang meningkat dapat menyebabkan produksi minyak di wajah menjadi berlebih.

Begitu juga saat trimester kedua bisa terjadi peningkatan aliran darah ke permukaan kulit yang membuat kulit wajah terlihat bercahaya karena berminyak.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)