ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Apr 2022 20:53 WIB

Pertama di Dunia! Paru-paru Dicangkokkan ke Pasien Beda Golongan Darah

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi operasi Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Rumah sakit Universitas Kyoto, Jepang, berhasil melakukan transplantasi atau cangkok paru-paru hidup pertama di dunia dari dua golongan darah berbeda.

Dikutip dari The Japantimes, Rabu (13/4/2022), transplantasi tersebut melibatkan seorang gadis berusia antara 10 dan 19 tahun, yang membutuhkan dua donor paru-paru akibat mengidap bronkitis obstruktif (PPOK). Penyakit tersebut diidap olehnya usai menjalani cangkok sumsum tulang belakang untuk mengobati leukemia (kanker darah) yang juga diidapnya dari kecil.

Alhasil, gadis itu mendapatkan donor paru-paru dari kedua orang tuanya. Berdasarkan keterangan rumah sakit, gadis dan sang ibu memiliki golongan darah O, sedangkan ayahnya memiliki golongan darah B. Operasi cangkok ini pun dilakukan pada bulan Februari 2022.

Pada dasarnya, transplantasi atau cangkok paru-paru sangat berbeda dengan transplantasi ginjal ataupun hati. Cangkok paru-paru cenderung menyebabkan reaksi apabila mendapatkan pendonor dari golongan darah yang berbeda. Itu mengapa keberhasilan cangkok ini menjadi hal yang sangat membanggakan.

"Perawatan ini dapat menyelamatkan nyawa pasien yang tidak dapat menemukan dua donor dengan golongan darah yang cocok," kata profesor Hiroshi Date, yang melakukan operasi tersebut.

Dan kini, sang gadis dikabarkan sudah stabil dan bisa keluar dari rumah sakit.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT