ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Apr 2022 14:30 WIB

Benarkah Kaki Dingin Jadi Gejala Diabetes? Begini Kata Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
6 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes Supaya Kadar Gula Darah Aman Diabetes (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak masyarakat yang masih percaya bahwa kaki terasa dingin adalah tanda gejala diabetes, apalagi dingin saat ruangan tidak dalam kondisi suhu rendah atau ber AC. Karena hal itu banyak juga masyarakat yang langsung beranggapan bahwa dirinya mengidap diabetes sebelum betul-betul pergi ke dokter. Lantas, benarkah demikian?

Prof Dr dr Pradana Soewondo, Sp.PD-KEMD, Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengungkapkan bahwa pernyataan tersebut salah besar.

Pasalnya, sebagian besar pasien diabetes umumnya tidak mengalami gejala. Apabila mengalami, gejala yang ditimbulkan bukanlah kaki dingin, melainkan seperti berat badan turun, volume urin yang tinggi, hingga sering merasa haus.

"Saya kira itu hanya mitos. Jadi memang di masyarakat itu banyak mitos. Tapi, yang gejala-gejala diabetes yang berdasarkan bukti itu adalah kebanyakan pasien diabetes pada awalnya tidak ada gejala, sebagian besar itu tidak ada gejala. Mangkanya pasien DM (diabetes melitus) itu terlambat diketahui karena memang tidak ada gejala. Misalnya rasa haus, banyak makan, tapi berat badan turun," katanya dalam webinar virtual daring, Kamis (14/4/2022).

Menurutnya, apabila pengidap diabetes mengalami kaki dingin, kemungkinan itu merupakan komplikasi yang muncul akibat pembuluh darah tersumbat. Bisa juga menandakan penyakit lain yang ada di dalam tubuh.

"Kalau kaki dingin, itu mungkin kalau sudah ada komplikasi. Kalau dia memang pembuluh darahnya ke kakinya sudah tersumbat, jadi kakinya terasa dingin. Tapi itu bukan gejala langsung diabetes, melainkan sudah komplikasi dari diabetes," sambungnya lagi

"Jadi kita nggak bisa dipakai sebagai gejala karena banyak penyakit-penyakit lain yang kakinya juga pada dingin," kata dr Pradana.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pemanis Buatan untuk Pengidap Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT