Sabtu, 16 Apr 2022 17:20 WIB

5 Tips untuk Berbuka Puasa Secara Sehat

Rosiana Muliandari - detikHealth
Traditional iftar food. Ilustrasi tips berbuka puasa secara sehat. Foto: Getty Images/brightstars
Jakarta -

Menjaga kesehatan saat berpuasa merupakan sebuah aktivitas kunci yang wajib dilaksanakan agar puasa tetap lancar.

Salah satu cara yang mudah untuk menjaga kesehatan saat berpuasa adalah memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi di waktu berbuka puasa. Dikutip dari Lifestyle Asia, berikut 5 tips berbuka puasa secara sehat:

1. Jangan ditunda!

Tips yang pertama merupakan tips paling penting. Membiarkan perut tanpa makanan atau minuman dalam jangka waktu yang terlalu lama tidaklah baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi ditambah dengan cuaca di bulan puasa yang terkadang dapat mencapai suhu yang tinggi. Hal itu dapat membuat tubuh menjadi kelelahan karena nutrisi tubuh cenderung terkuras lewat keringat.

2. Mulai dengan minum air putih

Tips sehat kedua adalah berbuka dengan meminum air putih terlebih dahulu. Setelah seharian penuh berpuasa, sangatlah penting untuk kembali menghidrasi tubuh saat berbuka. Namun, perlu diingat untuk mengatur proporsinya agar tidak kembung sebelum makan.

Dikutip dari MayoClinic, dehidrasi dapat berdampak buruk bagi tubuh. Mulai dari dari gagal ginjal hingga kejang.

3. Pilih buah-buahan sebagai pengganti makanan manis

Berpuasa seharian mungkin saja dapat membuat seseorang menginginkan sesuatu yang manis untuk berbuka. Namun, sangat direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan gula tambahan dan bahan-bahan pengawet.

Untuk menukar kebiasaan tersebut, mengonsumsi buah-buahan yang memiliki gula alami seperti kurma. Selain buah itu, ceri, leci, anggur, atau buah-buahan citrus lainnya juga dapat sekaligus membantu membuat kulit lebih sehat.

4. Coba konsumsi sup

Tentunya, selama berpuasa, perut akan kosong dan jika berbuka dengan makanan yang tidak tepat, dapat saja terjadi gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi hal ini, berbagai jenis sup dapat menjadi makanan yang baik untuk berbuka agar perut tidak kaget. Selain itu, sup juga dapat membantu menghidrasi tubuh.

5. Jangan lupakan karbohidrat

Selama berpuasa, tubuh akan menggunakan karbohidrat yang tersimpan di tubuh untuk memberikan energi pada tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saat berbuka, tubuh akan kembali memiliki simpanan karbohidrat untuk hari esok.

Beberapa makanan sehat yang mengandung karbohidrat antara lain adalah ubi dan nasi merah.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(Rosiana Muliandari/vyp)