Minggu, 17 Apr 2022 22:00 WIB

Fakta-fakta Kondisi Ade Armando Usai Dikeroyok Massa saat Demo

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando Foto: Grace Natalie dkk Saat Menjenguk Ade Armando (Dok Instagram Grace Natalie)
Jakarta -

Ade Armando, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), sempat dikeroyok massa saat demo pada 11 April lalu. Demo tersebut digelar oleh aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kompleks DPR RI.

Sayang, dirinya kini harus terbaring di rumah sakit lantaran mengalami sejumlah gangguan kesehatan, yaitu perdarahan otak hingga gangguan kandung kemih.

"Kondisi yang dialami Bang Ade masih harus dikontrol, diawasi. Dan tadi saya disampaikan oleh pihak keluarga bahwa Bang Ade masih pendarahan, masih ada masalah dengan kandung kemih, masih ada masalah dengan hidung," ujar perwakilan keluarga Ade Armando, Nong Darol Mahmada, kepada wartawan, Kamis (14/4/2022).

Lantas, Apa Itu Perdarahan Otak?

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), dr Mursyid Bustami, SpS(K) KIC MARS, perdarahan otak bisa disebabkan karena benturan. Perdarahan tersebut bisa mengintai bagian manapun pada otak, salah satunya di bagian belakang otak.

Dalam beberapa kasus, pasien memang memerlukan tindakan operasi. Namun, penanganannya akan berbeda tergantung tingkat keparahannya.

"Perdarahan otak itu bisa terjadi spontan (sering disebut Stroke Perdarahan) dan bisa juga akibat trauma atau benturan. Lokasi perdarahan dapat terjadi di lokasi manapun di otak, seperti contoh perdarahan di otak belakang," kata dr Mursyid saat dihubungi detikcom, Selasa (12/4).

"Risikonya tergantung keparahan, begitu juga penyembuhan tergantung keparahan. Pada beberapa kondisi, membutuhkan tindakan operasi," lanjutnya.

Efek Perdarahan Otak

dr Mursyid menegaskan risiko fatal bisa mengintai pasien yang mengalami perdarahan otak, bahkan kematian.

"Kalau perdarahan ringan akan sembuh seperti sediakala. Namun butuh waktu untuk penyerapan bekuan darah yang terjadi. Kalau pada perdarahan yang sangat parah tentu bisa saja meninggal dunia," terang dr Mursyid saat dihubungi detikcom, Selasa (12/4/2022).

Selain perdarahan otak, Ade Armando juga dikabarkan mengalami gangguan kandung kemih.

Apa saja jenis-jenis gangguan kandung kemih? Simak di slide berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2