Senin, 18 Apr 2022 12:30 WIB

Makin Gawat, Shanghai Catat Kasus Kematian COVID-19 Pertama Sejak Lockdown

Vidya Pinandhita - detikHealth
Lockdown di salah satu kota terbesar China, Shanghai, masih berlangsung. Lebih dari 10 ribu petugas kesehatan pun dikirimkan ke sana untuk bantu atasi COVID-19. Foto: AP Photo
Jakarta -

Otoritas kota Shanghai, China, mengumumkan tiga kasus kematian pertama akibat COVID-19 sejak penguncian (lockdown) selama beberapa pekan terakhir. Diketahui, ketiga pasien COVID-19 tersebut mengalami perburukan imbas kondisi kesehatan yang diidapnya.

Dua dari pasien COVID-19 meninggal dunia tersebut merupakan wanita berusia 89 dan 91 tahun, sedangkan pasien ketiga adalah pria berusia 91 tahun. Berdasarkan laporan, ketiga pasien tersebut sempat diberi perawatan di rumah sakit.

"(Mereka) memburuk menjadi kasus yang parah setelah pergi ke rumah sakit, dan meninggal setelah semua upaya untuk memulihkan kembali mereka terbukti tidak efektif," menurut keterangan kota tersebut, dikutip dari Al Jazeera, Senin (18/4/2022).

Di samping itu, Shanghai juga melaporkan sebanyak 22.248 kasus COVID-19 domestik pada Senin (18/4). Meski angka tersebut relatif lebih rendah dibandingkan kasus di sejumlah negara, angka kasus COVID-19 masih mencapai puluhan ribu kasus harian dalam beberapa pekan terakhir. Sebagian besar di antaranya adalah pasien tidak bergejala.

Menanggapi itu, pihak berwenang bertahan pada kebijakan berupa pembatasan pergerakan yang berat, serta mengisolasi siapa pun yang beroleh hasil positif COVID-19 bahkan jika tidak menunjukkan gejala apa pun.

Mengingat, China yang pertama kali mendeteksi virus Corona pada akhir 2019 tetap berpegang pada kebijakan pengujian massal nol-COVID, dibarengi pembatasan perjalanan dan penguncian (lockdown). Namun, negara tersebut kini berjuang mengendalikan lonjakan COVID-19 di beberapa wilayah. Sebagian besarnya dipicu oleh varian Omicron yang menyebar dengan amat cepat.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)