Menkes Sebut Status Endemi COVID-19 RI Bakal Diputuskan Jokowi

ADVERTISEMENT

Menkes Sebut Status Endemi COVID-19 RI Bakal Diputuskan Jokowi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 19 Apr 2022 13:15 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Raker itu membahas pengeluaran pemerintah terkait belanja di sektor kesehatan
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sudah ada lebih dari 90 persen warga Indonesia yang dinyatakan 'kebal' COVID-19 atau memiliki antibodi pasca vaksinasi maupun infeksi. Hal tersebut didapat dari hasil sero survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI.

Meski begitu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut belum bisa memastikan kapan Indonesia siap memasuki fase endemi COVID-19. Status endemi bakal mengacu pada gambaran dan situasi banyak negara termasuk ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kalau itu keputusannya ada di bapak Presiden tapi kita sudah pastikan negara-negara lain dan WHO seperti apa," tegas dia saat ditemui di The Ritz Carlton, Selasa (19/4/2022).

Banyaknya warga Indonesia yang sudah memiliki imunitas melawan COVID-19 juta tak bisa serta merta diartikan Indonesia kini herd immunity.

"Kalau para epidemiolog bilangnya bukan herd immunity dia kasih angkanya aja bahwa memang 99 persen sudah punya antibodi COVID-19," lanjut Menkes.

"Itu yang Jawa Bali kita survei sudah mendapatkan antibodi baik dari vaksinasi maupun infeksi," sambung dia.

Seiring dengan tren kasus COVID-19 makin melandai, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai sudah aman dicabut. Hal itu diutarakan epidemiolog Pandu Riono dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Meski begitu, Kementerian Kesehatan menekankan belum ada wacana pencabutan PPKM lantaran strategi pengendalian COVID-19 tersebut mengacu pada standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT