Selasa, 19 Apr 2022 18:00 WIB

Makin Longgar, AS Cabut Aturan Wajib Masker di Transportasi Umum!

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Jakarta -

Pemerintahan Joe Biden resmi mencabut aturan wajib masker di transportasi umum per Senin (18/4). Dikutip dari Reuters, setelah adanya pengumuman ini, semua maskapai besar seperti American Airlines (AAL.O), Delta Air Lines (DAL.N), United Airlines (UAL.O), serta kereta jalur nasional Amtrak melonggarkan terhadap pembatasan yang berlaku.

"Kami sangat lega melihat peraturan masker di AS dicabut untuk memfasilitasi perjalanan global karena COVID-19 telah beralih ke virus musiman biasa," ucap Ed Bastian, CEO Delta Airlines.

Awalnya pejabat kesehatan AS telah memperpanjang peraturan wajib masker untuk turis di pesawat, kereta, dan taksi sampai 3 Mei. Namun, parlemen republik menolak keras ketentuan tersebut dan ingin pemerintah mengakhiri peraturan wajib masker 14 bulan secara permanen.

"Administrasi keamanan transportasi tidak akan menegakkan arahan keamanan dan amandemen darurat yang mengharuskan penggunaan masker di transportasi umum dan pusat transportasi saat ini," ucap salah satu staff administrasi AS yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters.

Namun, peraturan ini juga tentunya menimbulkan kebingungan pada sebagian masyarakat apalagi kasus infeksi COVID-19 di AS kembali meningkat dengan rata-rata jumlah kasus baru 36.251 dan 460 kematian setiap harinya.

Pencabutan peraturan wajib masker ini membuat beberapa penumpang waspada, tetapi juga mendorong yang lainnya untuk melakukan perjalanan lagi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS pertama kali mengeluarkan perintah kesehatan masyarakat terkait wajib memakai masker dalam transportasi antarnegara di AS pada Februari 2021.

(naf/naf)