Tips Jaga Kesehatan Mulut Saat Puasa, Sikat Gigi Bikin Batal Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Tips Jaga Kesehatan Mulut Saat Puasa, Sikat Gigi Bikin Batal Nggak Sih?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Kamis, 21 Apr 2022 04:44 WIB
Children are brushing their teeth in the bathroom at home. The mother is checking the little boys mouth to make sure he has brushed properly.
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Saat berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama sehari penuh. Kondisi ini kadang-kadang membuat mulut terasa tak enak atau muncul bau tak sedap. Sikat gigi pun kerap menjadi salah satu cara untuk membuat mulut terasa kembali bersih dan napas jadi terasa segar kembali.

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar ibadah berjalan lancar, menjaga kesehatan mulut merupakan strategi yang penting untuk menjaga kesehatan mulut. Berikut tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa Ramadan, dikutip detikcom dari berbagai sumber.

  1. Satu atau dua minggu sebelum bulan puasa tiba, sebaiknya periksakan gigi ke dokter gigi.
  2. Selain mendapatkan pengecekan dan pembersihan gigi secara keseluruhan, ini juga waktu yang tepat untuk mendapatkan tindakan-tindakan medis jika diperlukan.
  3. Segera tambal gigi yang berlubang atau ekstraksi jika gigi berlubang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan.

Manfaatkan juga sesi ini untuk bertanya tentang perawatan yang tepat bagi kondisi gigi dan mulut, seperti jenis sikat gigi yang tepat, penggunaan pasta gigi, benang gigi ataupun mouthwash.

Tips Tak Bau Mulut Saat Puasa

Adapun cara mencegah bau mulut saat puasa salah satunya bisa memperbanyak minum air putih selama buka puasa dan sahur. Selain itu menggunakan obat kumur saat sahur juga bisa membantu mencegah munculnya bau tak sedap saat puasa.

1. Sikat Gigi dan Lidah

Kamu bisa menyikat gigi dan lidah selama 2 menit dan memastikan mulut sudah bersih usai makan sahur, setelah bangun tidur, dan sebelum tidur untuk mencegah munculnya bau mulut.

2. Jangan Merokok

Merokok dapat menimbulkan bau tidak sedap. Hindari merokok saat sahur karena bisa menyebabkan mulut menjadi kering sehingga selama berpuasa risiko bau mulut semakin tinggi.

3. Hindari Makanan Tinggi Gula

Mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa membuat seseorang bau mulut saat puasa, dikarenakan ada risiko peningkatan pertumbuhan bakteri di mulut yang bisa memicu napas menjadi tidak segar.

Apakah sikat gigi dapat membatalkan puasa? Simak di halaman berikutnya.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT