Kamis, 21 Apr 2022 05:26 WIB

Kasus COVID-19 Merangkak Naik di India, Warga Wajib Pakai Masker Lagi

Firdaus Anwar - detikHealth
India mengalami lonjakan kasus Corona akibat varian Omicron. Lonjakkan kasus ini disebut hampir delapan kali lipat untuk tambahan kasus harian sejak awal tahun ini. Foto ilustrasi: AP Photo/Rafiq Maqbool
Jakarta -

India dilaporkan kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19 nyaris dua kali lipat dalam beberapa hari terakhir. Kasus COVID-19 India di awal bulan April ini tadinya bisa di bawah 1.000 per hari, namun kini pada Rabu (20/4/2022), tercatat ada 2.067 kasus baru.

Di awal bulan April pemerintah India sempat melakukan pelonggaran tidak lagi mewajibkan masker di tempat umum. Namun, menghadapi tanda-tanda lonjakan, warga kembali diharuskan memakai masker.

"Mengingat peningkatan kasus positif COVID baru-baru ini dan seperti yang disarankan oleh para ahli, diputuskan untuk meningkatkan pengujian, fokus pada cakupan vaksinasi populasi target, dan memastikan penegakan ketat terhadap perilaku disiplin COVID," kata Letnan Gubernur Delhi, Anil Baijal, seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (21/4/2022).

"Diputuskan untuk membuat pemakaian masker wajib di tempat-tempat umum," lanjutnya.

Pakar global memprediksi jumlah kematian COVID-19 di India bisa ada sekitar 4 juta dari beberapa ratus juta kasus infeksi COVID-19. Namun, Perdana Menteri India Narendra Modi berulang kali menolak prediksi tersebut dengan mengatakan model matematika yang digunakan untuk memperkirakan kematian di negara-negara kecil tidak dapat diandalkan untuk India.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)