Bakal Dicek di Awal Keberangkatan, Pemudik Lebaran 2022 Wajib Isi e-HAC

ADVERTISEMENT

Bakal Dicek di Awal Keberangkatan, Pemudik Lebaran 2022 Wajib Isi e-HAC

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 21 Apr 2022 06:07 WIB
Aktivitas di Terminal Terpadu Pulo Gebang terpantau masih normal. Belum terlihat lonjakan penumpang jelang arus mudik lebaran 2022. Begini kondisi di sana.
Foto ilustrasi: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Pemudik tahun ini selain diwajibkan vaksin booster, juga perlu mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC). Pengisian e-HAC bisa dilakukan sehari sebelum keberangkatan.

Pengisian e-HAC dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi sehingga memudahkan mayarakat dalam mengisinya. Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, mengatakan pengisian e-HAC sudah sederhana dan hanya perlu tinggal mengisi tujuan perjalanan, hal ini untuk memudahkan masyarakat.

"Sudah sangat sederhana tidak perlu lagi isi data vaksin lagi atau hasil test, dan hanya mengisi tujuan perjalanan," ujar Setiaji saat ditemui detikcom di JS Luwansa Hotel Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Setiaji menjelaskan pengecekan e-HAC ini rencananya akan dilaksanakan di awal keberangkatan pemudik, tidak lagi dicek di lokasi tujuan.

"Pengecekan yang tadinya di ujung (akhir perjalan -red) sekarang dicek di awal," sambungnya.

Setiaji juga menginformasikan bagi yang ingin mudik satu keluarga bisa memakai satu akun PeduliLindungi dalam mengisi e-HAC. Satu akun bisa dipakai maksimal untuk 4 anggota keluarga.

"Secara sistem kita sudah menyederhanakan tampilan dari e-Hac dan sudah bisa untuk keluarga. Jadi satu akun bisa untuk empat orang. Semua sudah secara digital," pungkasnya.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT