ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Apr 2022 12:14 WIB

Inggris Bakal Izinkan Obat 'Penahan Kebelet Kencing' Bebas Resep

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
ilustrasi menahan kencing Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Untuk pertama kalinya, Inggris berencana mengizinkan penjualan obat kandung kemih overaktif tanpa memerlukan resep dokter. Kandung kemih overaktif menyebabkan seseorang kesulitan untuk menahan rasa buang air kecil (BAK).

Keputusan ini merupakan bentuk pengupayaan untuk membantu jutaan wanita yang mengidap kondisi tersebut.

Badan Regulasi Produk Obat dan Layanan Kesehatan (MHRA) Inggris meminta perwakilan masyarakat dan tenaga kesehatan untuk menyampaikan pandangan mereka tentang usulan regulasi ini.

"Bagi banyak wanita, kandung kemih overaktif dapat mengganggu kehidupan sehari-hari," jelas Dr Laura Squire, dari MHRA, seperti dikutip detikcom dari BBC News, pada Sabtu (23/04/2022).

Selain mengganggu aktivitas, kandung kemih overaktif menjadi masalah karena berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

"Kondisi ini berdampak pada hubungan, pekerjaan, kehidupan sosial, dan juga dapat menyebabkan kecemasan dan depresi," lanjut Dr Laura.

Pengobatan kandung kemih overaktif diusulkan menggunakan tablet Aquiette untuk menekan keinginan untuk buang air kecil. Ini akan menjadi obat kandung kemih overaktif pertama yang tersedia tanpa resep.

"Ada banyak penanganan untuk kondisi tersebut. Mulai hari ini, Anda memiliki kesempatan untuk menentukan apakah salah satu penanganan itu, Aquiette, dapat tersedia untuk pertama kalinya tanpa resep," ungkapnya.

Anggota parlemen Inggris, Maria Caulfield, juga mengafirmasi diusulkannya Aquiette sebagai obat kandung kemih overaktif tanpa resep pertama.

"Ketika menyangkut masalah sensitif seperti mengontrol kandung kemih, memeriksakan diri ke dokter bisa menjadi penghalang bagi beberapa wanita untuk mendapatkan bantuan," ungkap Maria Caulfield.

Kehadiran Aquiette dinilai dapat menekan jumlah kasus kandung kemih overaktif di negara tersebut.

"Reklasifikasi Aquiette memungkinkan wanita untuk mengakses obat-obatan vital tanpa perlu resep," lanjutnya.

Commission on Human Medicine (CHM) telah berkonsultasi untuk mendapat penjelasan bahwa Aquiette aman tersedia tanpa resep di apotek. Konsultasi akan berlangsung selama tiga minggu, ditutup pada 6 Mei 2022.

Menurut Mayo Clinic, kandung kemih overaktif atau overactive bladder (OAB) dapat menyebabkan keinginan BAK yang sulit dikendalikan. Gejalanya yaitu buang air kecil setidaknya delapan kali sehari dan lebih dari sekali pada malam hari.

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kandung kemih overaktif, yaitu:

  • Memiliki berat badan ideal
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setiap hari
  • Batasi konsumsi kafein dan alkohol
  • Berhenti merokok
  • Lakukan olahraga kegel


Simak Video "Perjuangan Bocah Sulsel Lawan Penyakit Langka Sejak Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT