Minggu, 24 Apr 2022 17:50 WIB

Batasi 5 Menu Buka Puasa Ini Jika Tak Ingin Terkantuk-kantuk Saat Tarawih

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Cuaca Jakarta cerah hari ini. Warga pun memenuhi  Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, untuk berburu menu berbuka puasa. Menu takjil (Foto: Rengga Sencaya)
Jakarta -

Menahan lapar dan haus selama 12 jam membuat tubuh menjadi lemas. Nah, untuk itu saat berbuka puasa sebaiknya mengonsumsi makanan yang bisa mengembalikan energi dan cairan tubuh.

Akan tetapi, hidangan buka puasa yang sering dijumpai saat Ramadan kerap kali memicu lonjakan gula darah terlalu drastis yang justru bikin mengantuk. Berikut menu buka puasa yang sebaiknya dibatasi karena bisa membuat tubuh cepat lemas.

1. Teh Manis

Saat berbuka puasa, teh manis sering menjadi minuman pembukanya, karena ketika berpuasa gula darah turun dan membuat badan menjadi lemas. Namun, minum teh manis bukanlah pilihan yang tepat. Untuk mengembalikan gula darah yang turun sebaiknya mengonsumsi 3 butir kurma sesuai dengan anjuran rasul.

"Turunnya gula darah sejak sahur hingga berbuka tidak mendadak anjlok, maka tentu akan lebih sehat jika naiknya pun perlahan. Kurma yg tinggi serat dan kaya mineral beda sekali dengan jajan pasar atau teh manis," kata dr Tan Shot Yen dokter, ahli gizi masyarakat, saat dihubungi detikcom.

2. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang perlu dihindari karena memiliki lemak jenuh tinggi yang dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Boleh saja memakan gorengan saat buka puasa, tetapi tidak dianjurkan setiap hari dan makan dengan jumlah yang banyak.

3. Es buah

Es buah menjadi menu buka puasa yang cukup menyegarkan setelah menahan dahaga selama 12 jam. Namun, kandungan gula dalam es buah sangat tinggi. Sehingga, lebih baik mengonsumsi buah potong saat buka puasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2