Senin, 25 Apr 2022 02:55 WIB

Round Up

Kata RSPAD Soal Eks Jubir COVID-19 Achmad Yurianto Idap Kanker Usus

Vidya Pinandhita - detikHealth
Achmad Yurianto, Sekretaris di Setdiitjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto disebut mengidap kanker usus (Foto: Agus Dwi Nugroho / 20detik)
Jakarta -

Lama tak terdengar kabarnya, mantan juru bicara Satgas COVID-19 Achmad Yurianto disebut tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dikabarnya ia mengidap kanker usus.

Kabar tersebut bermula dari pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan, menyebut mantan Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan di era Terawan Agus Putranto tersebut saat ini tengah dirawat.

"Assalamualaikum wr wb. Di bulan suci ini, dimana semua doa doa yang baik akan di ijabah oleh Yang Maha Esa 🙏🙏 mari kita bersama sama berdoa agar pa Ahmad Yurianto, yg hari ini masih dalam perawatan tim dokter RSPAD," tulis pesan yang beredar.

Dikonfirmasi detikcom, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, Achmad Yurianto tengah menjalani perawatan usai kemoterapi yakni pengobatan untuk kanker.

"Beliau (Achmad Yurianto) dalam perawatan di RSPAD Gatot subroto ya pasca kemoterapi ca (kanker) usus ya," ujar dr Nadia pada detikcom, Sabtu (24/4).

Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto.Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto. Foto: Setkab

Dihubungi terpisah, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI A Budi Sulistya menyebut Achmad Yurianto sudah beberapa hari menjalani perawatan. Namun ia tidak menjelaskan penyakit apa yang diidapnya.

"Betul, (Achmad Yurianto) dirawat di RSPAD," ujar Budi.

"Dokter Achmad Yurianto saat ini dirawat di RSPAD. Jadi memang sudah perawatan periodik, artinya sudah beberapa kali kita rawat. Tentang kondisi ya memang kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik supaya beliau bisa pulih," jelasnya lebih lanjut.

NEXT: Sempat jadi jubir Corona bersama dr Reisa.

Selanjutnya
Halaman
1 2