Selasa, 26 Apr 2022 07:05 WIB

Emak-emak Catat! Bukan Lagi 11, Ini 14 Jenis Imunisasi Dasar Wajib Anak

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) juga memberikan vaksin HPV kepada siswa SD kelas 5 dan 6. Vaksin ini untuk mencegah kanker serviks atau kanker mulut rahim. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI secara resmi menambah jumlah imunisasi rutin wajib bagi anak-anak. Jika semula vaksinasi rutin hanya berjumlah 11, kini menjadi 14 vaksin.

Program vaksin tambahan tersebut terdiri dari vaksin PCV (pneumococcal conjugate vaccine), vaksin HPV (human papillomavirus), dan vaksin Rotavirus. Masing-masing vaksin memiliki fungsi pencegahan penyakit yang berbeda.

Vaksin PCV bertujuan mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, radang telinga yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus. Kemudian vaksin HPV untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) dan vaksin Rotavirus untuk mencegah diare berat yang disebabkan virus Rota.

"Vaksinasi merupakan salah satu intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif daripada intervensi ketika seseorang sudah masuk perawatan di rumah sakit," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers Pekan Imunisasi Dunia di gedung Kemenkes, Jumat (22/4/2022).

Daftar Imunisasi Dasar Nasional

Berikut ini sejumlah imunisasi dasar yang wajib diberikan berlaku untuk anak-anak dari bayi hingga kelas 6 SD berdasarkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) :

1. Usia anak di bawah 24 jam: Harus diberikan imunisasi Hepatitis (HB-0).
2. Usia 1 bulan: Imunisasi BCG, OPV1
3. Usia 2 bulan: Imunisasi DPT-HB-Hib 1, OPV2
4. Usia 3 bulan: Imunisasi DPT-HB-Hib 2, OPV3
5. Usia 4 bulan: Imunisasi DPT-HB-Hib 3, OPV4 dan IPV
6. Usia 9 bulan: Imunisasi MR
7. Usia 18 bulan: Imunisasi MR, DPT-HB-Hib
8. Anak kelas 1 SD: Imunisasi MR, DT
9. Anak kelas 2 SD: Imunisasi Td
10. Anak kelas 5 SD: Imunisasi Td + HPV 1
11. Anak kelas 6 SD; Imunisasi HPV 2

Sementara itu 3 vaksin baru yang ditambahkan adalah:

12. PCV
13. HPV
14. Rotavirus

Jadwal Pemberian 3 Vaksin Baru

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, direncanakan pada tahun 2023, imunisasi dengan tambahan 3 jenis vaksin sudah dilaksanakan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Namun saat ini, program vaksinasi dijalankan secara bertahap. Vaksin PCV akan diberikan secara nasional mulai tahun ini.

Untuk vaksin HPV, akan diberikan di 131 kabupaten/kota di 8 provinsi yakni DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Bali kepada anak perempuan kelas 5 dan 6 SD.

Sementara untuk vaksin Rotavirus juga akan dimulai tahun ini di 21 kabupaten/kota yang mewakili tiap pulau dan akan diberikan secara nasional di tahun 2024.



Simak Video "Data Imuniasasi Anak Akan Terekam di PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)