Rabu, 27 Apr 2022 08:02 WIB

Jokowi Tak Buru-buru Izinkan Warga Copot Masker, Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Presiden Joko Widodo merapikan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww. Presiden Jokowi tak mau buru-buru menerapkan kebijakan lepas masker (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Presiden Jokowi mengatakan kebijakan melepas masker akan dilakukan secara bertahap. Ia menyebut tidak ingin seperti negara-negara lain yang langsung melakukan kebijakan melepas masker.

"Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker," katanya dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19, Rabu (27/4/2022).

Jokowi menambahkan bahwa ada sejumlah tahapan yang harus dilewati dan pemerintah tidak akan tergesa-gesa dalam memutuskan kebijakan. Meski kasus aktif sudah cenderung turun dan mudik diizinkan, pemerintah tetap berhati-hati dan tidak gegabah untuk mencegah kasus naik lagi.

Menurutnya, pemerintah juga memiliki sejumlah pengalaman saat menghadapi lonjakan kasus COVID-19 varian Delta maupun Omicron.

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa. Apapun, kita punya pengalaman saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatian, kewaspadaan itu tetap harus," tandasnya.



Simak Video "Jenis Masker yang Sangat Efektif Menurut Profesor Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)