ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 12:35 WIB

Tips Bebas Pegal Duduk di Mobil Saat Mudik

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Personel Satlantas Polresta Bandung, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bandung mulai memperketat penyekatan di gerbang exit Tol Cileunyi. Foto: Muhammad Iqbal
Topik Hangat Mudik Sehat 2022
Jakarta -

Tak ada yang lebih menggembirakan dibandingkan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Tak heran, meskipun jauh dan melelahkan, banyak orang yang tetap melakoni mudik Lebaran untuk bisa berkumpul.

Bagi sebagian orang, mudik menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu alternatif yang dipilih. Namun, perjalanan mudik dengan mobil sering kali membuat tubuh pegal akibat terlalu lama duduk.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 4 tips bebas pegal duduk di mobil saat mudik.

1. Tentukan Posisi Duduk yang Nyaman

Duduk dengan nyaman bisa mengurangi rasa pegal, terutama di bagian punggung. Pastikan dompet, ponsel, atau benda apa pun tidak tersimpan di saku belakang, karena dapat menyebabkan tulang belakang tidak sejajar.

Pastikan posisi duduk tegak lurus dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Kemudian punggung sejajarkan dengan bagian belakang tempat duduk atau bisa menggunakan bantalan khusus untuk punggung.

"Kalau nyetir mobil dengan postur yang buruk seperti terlalu condong ke depan atau belakang, tentu akan membuat bagian punggung terasa pegal dan sakit," Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kartini Rustandi, seperti pernah diberitakan detikcom sebelumnya.

2. Lakukan Peregangan Ringan

Tulang belakang dirancang untuk bergerak. Duduk dalam satu posisi akan menegangkan otot punggung dan bisa menyebabkan rasa sakit serta kejang otot.

Oleh karena itu, sebaiknya setiap dua jam sekali harus berhenti untuk istirahat sejenak sekitar 30 menit.

"Regangkan badan, goyangin kaki kan bisa. ini kan hal-hal sederhana. Meregangkan tangan, kaki dan pinggang. Kalau misalnya mobilnya berhenti di rest area bisa melakukan gerakan peregangan dengan meluruskan badan," kata Kartini.

Kemudian ketika terjebak macet, disarankan untuk melakukan peregangan di tempat duduk. Bahkan gerakan 10 detik dan peregangan lebih baik daripada duduk diam. Peregangan dapat dilakukan dengan mengatur dan mengubah posisi duduk minimal setiap 15 sampai 20 menit sekali.

3. Kompres Punggung dengan Es dan Hangatkan otot

Mengompres bagian punggung dengan es ketika mulai merasa nyeri atau pegal dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit berlebih.

Jika tidak ada es, bisa memberikan rasa hangat pada punggung menggunakan balsam atau sandaran kursi yang memiliki efek menghangatkan. Cara ini dapat digunakan untuk menjaga punggung tetap hangat dan mengurangi pegal serta nyeri.

4. Mencari Hiburan

Mencari hiburan sederhana ternyata bisa mengalihkan pikiran dari rasa pegal dan nyeri saat perjalanan mudik.

Cobalah untuk mendengarkan musik, menonton film, atau membaca buku. Selain itu, membawa permainan yang bisa dilakukan di mobil dapat membuat suasana ceria.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)
Topik Hangat Mudik Sehat 2022

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT