Kamis, 28 Apr 2022 14:00 WIB

BPOM: Kinder Joy Negatif Salmonella, Sudah Boleh Dijual Lagi!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Produk Kinder Joy yang ditarik BPOM Kinder Joy di Indonesia negatif Salmonella, sudah bisa dijual lagi. (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) sebelumnya menarik Kinder Joy dari peredaran dikarenakan kekhawatiran cemaran Salmonella. Pasalnya, sejumlah cokelat Kinder yang tersebar di beberapa negara Uni Eropa dan Belgia hingga Inggris menyebabkan seratusan anak terinfeksi Salmonella.

BPOM RI kemudian melakukan uji sampling dari sampel Kinder Joy yang diambil di seluruh provinsi Indonesia termasuk yang bermerk Kinder Joy for Boys, Kinder Joys for Girls.

"Hasil pengujian laboratorium Badan POM menunjukkan ketiga produk tersebut NEGATIF cemaran Salmonella," tegas BPOM dalam rilis resmi yang diterima detikcom Kamis (28/4/2022).

BPOM juga mengungkap informasi terbaru dari International Food Safety Authorities Network Global Alert (INFOSAN) yang menyatakan merek Kinder asal Belgia yang tercemar Salmonella tersebar di 77 (tujuh puluh tujuh) negara, tetapi tidak termasuk di Indonesia.

"Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik di luar negeri tersebut tidak terdaftar di Badan POM," sambung BPOM.

Kabar baiknya, kini seluruh produk cokelat Kinder Joy yang terdaftar di Indonesia bisa kembali dijual dan diedarkan termasuk di minimarket.

"Berdasarkan hasil analisis risiko terhadap keamanan pangan produk cokelat merek Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang dihentikan sementara waktu peredarannya di Indonesia, maka dengan ini diumumkan bahwa produk tersebut dapat beredar kembali di Indonesia sejak penjelasan publik ini diterbitkan," beber BPOM.

"Masyarakat diimbau agar menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan," pesan BPOM.



Simak Video "BPOM Wanti-wanti Jangan Makan Kinder Joy Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)