Jumat, 29 Apr 2022 08:23 WIB

Hailey Bieber Alami Transient Ischaemic Attack, Kondisi Apa Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
PARIS, FRANCE - FEBRUARY 25: (EDITORIAL USE ONLY) Hailey Bieber attends the Saint Laurent show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2020/2021 on February 25, 2020 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images) Hailey Bieber. (Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain)
Jakarta -

Hailey Bieber mengatakan gejala stroke yang ia alami beberapa waktu lalu mengarah ke Transient Ischaemic Attack (TIA) atau stroke ringan. Saat terserang, Hailey merasakan sensasi yang sangat aneh, lengan dari bahu hingga ujung jarinya seperti sangat mati rasa.

"Jadi pada dasarnya, mereka melakukan beberapa pemindaian dan mereka dapat melihat saya menderita gumpalan darah kecil di otak saya, yang mereka beri label dan kategorikan sebagai sesuatu yang disebut TIA," kata Hailey saat bercerita dalam video Youtube pribadinya.

Apa itu Transient Ischaemic Attack?

Dikutip dari MayoClinic, transient ischemic attack (TIA) atau yang lebih dikenal dengan stroke ringan adalah munculnya serangan berupa gejala stroke yang terjadi secara tiba-tiba, tetapi bersifat sementara.

Penyebabnya adalah adanya penyumbatan sementara pada aliran darah ke otak. Kondisi ini bisa menjadi pertanda awal stroke.

Serangan iskemik transien biasanya berlangsung beberapa menit. Sebagian besar tanda dan gejala hilang dalam waktu satu jam, meskipun jarang gejala dapat bertahan hingga 24 jam.

Tanda dan gejala TIA mirip dengan yang ditemukan pada awal stroke dan mungkin termasuk serangan mendadak seperti:

  • Mati rasa di salah satu sisi tubuh
  • Kelumpuhan di wajah, lengan, atau kaki
  • Bicara cadel atau kesulitan memahami perkataan orang lain
  • Kebutaan pada satu atau kedua mata, penglihatan ganda
  • Vertigo atau kehilangan keseimbangan

Apa penyebab Transient Ischaemic Attack?

TIA memiliki asal yang sama dengan stroke iskemik, jenis stroke yang paling umum. Pada stroke iskemik, gumpalan menghalangi suplai darah ke bagian otak.

Meskipun demikian, TIA tidak seperti stroke. penyumbatannya singkat, dan tidak ada kerusakan permanen.

TIA umumnya disebabkan oleh adanya gumpalan berukuran kecil yang tersangkut dalam pembuluh darah otak. Gumpalan ini dapat berupa lemak atau gelembung udara. Penyumbatan tersebut akan menghambat aliran darah dan memicu kekurangan oksigen pada bagian tertentu di otak.



Simak Video "Jangan Disepelekan! Anak Muda Juga Bisa Kena Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)