ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Apr 2022 07:45 WIB

Jangan Emosi! Tips Redakan Amarah di Perjalanan Mudik yang Melelahkan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumlah pemudik di Pelabuhan Merak menembus 112 ribu orang per hari pada H-3 Idul Fitri. Begini situasinya hari ini, Jumat, 29/4/2022. Momen mudik Lebaran. (Foto: Andhika Prasetia)
Topik Hangat Mudik Sehat 2022
Jakarta -

Mudik Lebaran bagi sebagian besar orang akan terasa menyenangkan, sampai tiba saat harus bermacetan di jalan selama berjam-jam. Macet di tol, antre sebelum masuk kapal, di jalan panas, membuat seseorang mudah menjadi emosi.

Stop marah-marah yuk. Psikolog klinis dari Ohana Space Veronica Adesla membagikan tips biar nggak mudah emosi selama perjalanan mudik.

"Temani perjalanan dengan berbagai hal yang dapat membuat atau menghadirkan perasaan nyaman dan menyenangkan," ujar Veronica saat berbincang dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Perjalanan saat mudik bisa jadi akan lama karena terjebak macet di jalan. Ada beberapa tips untuk mengusir kebosanan nih. Yuk simak:

  • Playlist lagu favorit dan siapkan earphone atau headphone
  • Sediakan buku bacaan (untuk yang senang membaca dan memungkinkan membaca di perjalanan)
  • Siap sedia beberapa pilihan game ataupun quiz interaktif yang dapat dimainkan bersama keluarga atau teman di perjalanan
  • Stok cemilan sehat dan air yang cukup
  • Pastikan membawa perlengkapan penunjang tidur untuk perjalanan jauh yang nyaman (bantal leher, selimut, dan sebagainya)

"Sempatkan untuk berhenti istirahat setelah beberapa jam perjalanan untuk meregangkan tubuh dan menghirup udara luar sambil berbincang-bincang dengan keluarga atau sesama teman yang mudik," pungkasnya.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
Topik Hangat Mudik Sehat 2022

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT