Peneliti Vaksin Nusantara Buka-bukaan Soal Gadis 13 Tahun 'Bisa Jalan Lagi'

ADVERTISEMENT

Peneliti Vaksin Nusantara Buka-bukaan Soal Gadis 13 Tahun 'Bisa Jalan Lagi'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Minggu, 01 Mei 2022 19:30 WIB
Jonny peneliti utama Vaksin Nusantara
Peneliti utama vaksin Nusantara, Johnny. (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Peneliti utama vaksin Nusantara Johnny buka-bukaan soal viral gadis 13 tahun bisa kembali berjalan usai disuntik vaksin berteknologi dendritik. Johnny menekankan timnya sedang menganalisis lebih lanjut penyakit remaja putri bernama Vanessa tersebut.

Berdasarkan keterangan orangtua pasien, Johnny menyebut Vanessa sudah tidak mengonsumsi obat-obatan selama kurang lebih dua minggu meskipun dalam kondisi kesulitan berjalan.

"Vanessa sudah tidak mengonsumsi obat-obatan sejak kurang lebih dua minggu sebelum diberikan vaksin Nusantara, walaupun pulang (dari rumah sakit) dalam keadaan belum bisa berjalan," terang Johnny saat dihubungi detikcom Minggu (1/5/2022).

"Jadi ada dugaan kuat keterkaitan kesembuhannya dengan vaksin Nusantara. Ini yang sedang kami pelajari," sambung dia.

Johnny menyebut pihaknya berencana melakukan riset dengan melibatkan lebih banyak jumlah pasien. Hal ini ditegaskan Johnny sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

"Langkah selanjutnya dari temuan ini, bisa saja kami melakukan penelitian dengan jumlah pasien yang lebih banyak. Sesuai dengan Permenkes tentang Sel Punca dan Sel, nantinya penelitian dilakukan berbasis pelayanan dengan meminta rekomendasi dari Komite Sel Punca," sambung dia.

Sebelumnya, paman Vanessa, Dar Edi Yoga merasakan 'kesembuhan' Vanessa seperti mukjizat lantaran segala upaya pengobatan dengan harga fantastis sudah dicoba tetapi tak kunjung mendapatkan hasilnya.

"Dia keluar dari RS tidak dapat pengobatan apa-apa langsung suntik vaksin Nusantara. Saya percaya itu karena vaksin Nusantara," sebut dia, saat dihubungi terpisah Minggu (1/5/2022).

Seperti diketahui, salah satu penggagas vaksin Nusantara adalah eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.



Simak Video "IDI Resmi Pecat Dokter Terawan Dari Keanggotaan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT