Aturan Halal Bihalal PPKM Level 1, 2, dan 3! Cek Dulu Sebelum Silaturahmi

ADVERTISEMENT

Aturan Halal Bihalal PPKM Level 1, 2, dan 3! Cek Dulu Sebelum Silaturahmi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 03 Mei 2022 08:01 WIB
Ilustrasi mudik atau silaturahmi Lebaran
Ilustrasi silaturahmi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta -

Pemerintah membatasi aturan halal bihalal di masa pandemi COVID-19 berdasarkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel. Bagi wilayah dengan status PPKM level 1 diperbolehkan melakukan halal bihalal dengan kapasitas jumlah tamu 100 persen.

Sementara level 3 dan 2 tetap dibatasi sesuai dengan aturan resmi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 003/2219/SJ. Berikut pembatasan kapasitas jumlah tamu:

  • PPKM level 3: 50 persen
  • PPKM level 2: 75 persen
  • PPKM level 1: 100 persen

Aturan Halal Bihalal

Meski tren COVID-19 di Indonesia kian menurun, pemerintah tetap mengimbau masyarakat tidak menyediakan makan dan minum saat silaturahmi. Makanan dan minuman sebaiknya dibawa pulang demi menekan risiko penularan COVID-19.

"Untuk kegiatan halal bihalal dengan jumlah di atas 100 (seratus orang), makanan atau minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan atau minuman yang disajikan di tempat (prasmanan)," terang edaran yang diteken Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, dikutip Selasa (26/4/2022).

"Harus dihindari acara makan-makan ramai yang membuat peserta membuka masker, karena rawan penularan COVID-19," sambungnya.

Masyarakat diingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan tidak mengendorkan pemakaian masker, mencuci tangan hingga memakai hand sanitizer secara berkala, tidak lupa selalu menjaga jarak.



Simak Video "Satgas Covid-19: Kita Perlu Berhati-hati dalam Memaknai Akhir Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT