Selasa, 03 Mei 2022 13:31 WIB

Badan Melebar Usai Lebaran, Catat Tips Diet Anti Gagal dari Pakar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
High angle malaysian malay family having family reunion dinner assorted malay food at home celebrating hari raya Tips diet ampuh usai Lebaran dari pakarnya. (Foto ilustrasi: Getty Images/chee gin tan)
Jakarta -

Salah satu permasalahan yang sering muncul setelah Lebaran adalah berat badan bertambah. Kondisi ini biasanya terjadi karena pola makan dan makanan yang dikonsumsi saat perayaan Idul Fitri.

Namun, ahli diet klinis dari Rumah Sakit Thumbay Fujairah, Javeria Qureshi, mengingatkan untuk segera mengatur pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebab, hal ini bisa saja menyebabkan masalah kesehatan.

"Menganggap mengkonsumsi makanan yang banyak sebagai 'hadiah' bisa membahayakan upaya Anda untuk mengembangkan pola makan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengarkan tubuh Anda dan latih untuk mengontrol secara keseluruhan," jelasnya yang dikutip dari laman Khaleej Times, Selasa (3/4/2022).

Untuk kembali memperbaiki metabolisme tubuh usai Lebaran, bisa dimulai dengan istirahat atau tidur yang cukup, menghidrasi tubuh, dan memenuhi nutrisi tubuh dengan baik.

Selain itu, ada beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan berat tubuh usai Lebaran. Berikut tipsnya:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Setelah sebulan lamanya tidak sarapan, tubuh perlu merekonstruksi dirinya untuk kembali mulai makan di pagi hari. Oleh karena itu, mulailah dengan mengulangi rutinitas sarapanmu.

Sebagai pilihan menu, bisa dengan mengkonsumsi kurma dengan milkshake atau smoothie, makan makanan berprotein tinggi, atau makan buah-buahan.

2. Pilih Camilan Bergizi

Setelah Ramadan, metabolisme akan sangat berubah. Maka dari itu, penting sekali untuk memulihkan kemampuan metabolisme dengan cara mengatur waktu makan secara teratur dalam porsi yang tepat.

Salah satu caranya adalah mengganti camilan dengan makanan yang lebih bergizi, seperti sayuran, salad, dan biji-bijian untuk mendapatkan cukup serat. Bisa juga dengan mengkonsumsi protein tanpa lemak yang diolah seperti susu rendah lemak dan yogurt plain.

3. Makan Makanan Manis Secukupnya

Setelah Lebaran, coba untuk mengatur konsumsi makanan dan minuman yang manis seperti kue, permen, atau sirup agar tubuh tetap sehat. Untuk menggantinya, kamu bisa mengkonsumsi jus dengan banyak air untuk kembali memulihkan metabolisme tubuh.

4. Setop Konsumsi Makanan-Minuman Ini

Selama Lebaran, pasti banyak sekali makanan atau minuman yang dikonsumsi. Agar mempercepat proses diet, kamu harus mulai berhenti untuk mengkonsumsi gorengan, makanan cepat saji atau junk food, makanan berminyak, makanan pedas, hingga minuman manis dan berkarbonasi.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman itu bisa menyebabkan tubuh mengalami gas, keasaman, hingga gangguan pencernaan.



Simak Video "Satgas Pastikan Tahun Ini Salat Idul Fitri Bisa Digelar Berjemaah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)