Kamis, 05 Mei 2022 08:53 WIB

Biar Badan Nggak Drop Saat Balik Mudik, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Firdaus Anwar - detikHealth
Perjuangan Pemudik Demi Bertemu Keluarga Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah memprediksi arus balik mudik 2022 akan mencapai puncaknya pada 6-8 Mei. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau warga agar kembali lebih awal atau setelahnya untuk menghindari penumpukan dan risiko terjadi kemacetan.

Terkait hal tersebut, tentunya para pemudik perlu memperhatikan kebugaran tubuh sebelum kembali dari kampung halaman. Jangan paksakan diri melakukan perjalanan bila badan tidak fit karena bisa berisiko untuk diri sendiri dan orang lain.

Nah untuk menjaga kebugaran tubuh setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut penjelasannya:

1. Istirahat

Istirahat cukup jadi faktor penting sebelum melakukan aktivitas apapun yang melelahkan, termasuk perjalanan jauh. Usahakan kebutuhan tidur terpenuhi sebelum kembali dari mudik.

Di perjalanan juga perhatikan bila tubuh sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan seperti mengantuk. Praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra kemayoran, dr Andreas Prasadja, tidak menyarankan minum kopi atau sejenisnya untuk mengusir kantuk di tengah jalan.

"Pengendara itu perlu istirahat 2-3 jam. Kalau ngantuk, tidur. Jangan cuma berhenti (di rest area) untuk ngerokok atau ngopi," kata pria yang akrab disapa dr Ade pada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Kebutuhan Nutrisi

Nutiri penting dari makanan yang bergizi diperlukan tubuh untuk berfungsi secara optimal. Praktisi kesehatan Profesor Tjandra Yoga Aditama menyarankan agar pemudik membawa bekal makanan sendiri dari rumah karena bisa lebih terjamin kebersihannya.

Makan jajanan sembarangan kerap jadi salah satu penyebab keluhan masalah pencernaan yang bisa dialami pemudik.

"Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam perjalanan mudik dan jangan jajan sembarangan," kata Prof Tjandra.

"Mungkin juga baik kalau selama perjalanan jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, atau setidaknya menghindari makanan dan minuman yang mudah mengiritasi saluran cerna kita," lanjutnya.

3. Cairan Tubuh

Jangan lupa menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penurunan konsentrasi.

Hal ini tentunya dapat berbahaya, terutama bagi pemudik yang mengemudikan kendaraan sendiri.

4. Vitamin

Multivitamin bisa jadi suplemen pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh. Tujuannya untuk menjaga imunitas sehingga seseorang jadi tidak mudah terserang penyakit karena kelelahan.

5. Masker

Satgas Covid-19 mengingatkan para pemudik tetap memperhatikan protokol kesehatan, terutama memakai masker yang baik dan benar. Di situasi keramaian yang sulit dihindari karena banyak pemudik, Satgas menyarankan orang-orang memakai masker medis dilapis masker kain.

Tujuannya mencegah penularan penyakit karena virus COVID-19 sampai saat ini masih tetap bersirkulasi.

Simak juga 'Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Jokowi Beri Pesan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)