Kamis, 05 Mei 2022 14:06 WIB

Anak Alami Kencing Berwarna Teh? Bisa Jadi Gejala Hepatitis 'Misterius'

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
ilustrasi anak pipis Anak kencing berwarna teh (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Belakangan orang tua dibuat cemas akan munculnya penyakit hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Spesialis anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K), memberikan peringatan kepada orangtua jika menemukan sejumlah gejala tertentu pada anak-anak yang sedang sakit.

Menurut dr Hanifah, gejala awal yang harus diwaspadai para orang tua jika anak mulai menunjukkan keluhan gangguan pencernaan.

"Kita melihat dari laporan kasus yang sudah ada, mulanya dengan gejala gastrointestinal seperti diare, mual, muntah, sakit perut, terkadang disertai demam ringan," kata dr Hanifah Oswari dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan RI, Kamis (5/5/2022).

Kencing Anak Berwarna seperti Teh

Lebih lanjut dr Hanifah menegaskan, gejala klinis saat anak terserang hepatitis dapat terlihat saat mereka buang air kecil dan buang air besar.

"Anaknya mengeluarkan buang air kecil seperti teh, buang air besar berwarna pucat, mata dan kulit berwarna kuning," terangnya.

Jika menunjukkan gejala yang sudah disebutkan, segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Sebab, kondisi tersebut bisa berlanjut ke kondisi lebih parah.

"Bila berlanjut, pasien mengalami gejala seperti pembekuan darah. Selanjutnya akan terjadi penurunan kesadaran yang dapat berlanjut menjadi kematian bila pasien tidak mendapatkan transplantasi hati," jelasnya.

Simak Video 'Dokter RSCM Beberkan Gejala Hepatitis Misterius yang Terjadi pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(any/fds)