Jumat, 06 Mei 2022 15:34 WIB

Asian Games 2022 di China Ditunda, Gara-gara Lonjakan COVID?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Residents stand on a street waiting for nucleic acid test during lockdown amid the coronavirus disease (COVID-19) pandemic, in Shanghai, China, April 17, 2022. REUTERS/Aly Song Foto: REUTERS/ALY SONG
Jakarta -

Pada September tahun ini seharusnya diselenggarakan Asian Games yang ke-19 di Hangzhou, China. Namun kabar terbaru dari penyelenggara menyatakan bahwa gelaran olahraga terbesar se-Asia ini akan ditunda sementara.

Penyelenggara menyatakan melalaui websitenya bahwa gelaran Asian Games ke-19 akan ditunda.

"Dewan Olimpiade Asia telah mengumumkan bahwa Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China, pada 10 hingga 25 September 2022, akan ditunda," demikian pernyataan di situs resmi Games, dikutip dari Channel News Asia (CNA), Jumat (6/5/2022).

Kota tuan rumah Asian Games, Hangzhou, terletak di dekat kota terbesar di negara itu, Shanghai, yang telah mengalami lockdown berminggu-minggu akibat lonjakan kasus COVID-19.

Dikutip dari BBC (6/5/2022), lonjakan kasus COVID di Shanghai, pertama kali terdeteksi pada akhir Maret. Hingga tanggal 4 Mei, tercatat sudah ada 491 kasus kematian sejauh ini.

Hampir semuanya adalah penduduk lanjut usia yang tidak divaksinasi dengan alasan masalah kesehatan mendasar, menurut pejabat China.

Akibat dari lonjakan ini, 25 juta orang di kota Shanghai telah diperintahkan untuk tinggal di rumah. Rencana lockdown oleh pemerintah kota Shanghai direncanakan akan berlangsung selama 5 minggu.

Penyelenggara Asian Games mengatakan, bahwa di kota Hangzhou, telah selesai dibangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.

Sejauh ini belum ada alasan khusus terkait penundaan yang diumumkan oleh penyelenggara. Untuk jadwal baru dari Asian Games 2022 sendiri akan diumumkan menyusul.

Sebagaimana penyelenggara menyatakan, "akan diumumkan di kemudian hari," pada keterangan tambahannya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)