Sabtu, 07 Mei 2022 09:59 WIB

Round up

Pakar Tegaskan Tak Ada Kaitan Vaksin COVID-19 dengan Hepatitis Misterius

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Guru Besar Kesehatan Anak bidang Gastrohepatologi Prof dr Hanifah Oswari yang juga kepala ilmuwan untuk kasus hepatitis akut misterius pada anak menegaskan tak ada kaitan antara vaksinasi COVID-19 dengan infeksi tersebut.

"Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin COVID-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi COVID-19," ungkap Prof Hanifah dalam konferensi pers bersama Kemenkes, Kamis (5/5) lalu.

Prof Hanifah menyampaikan bahwa sampai saat ini juga belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis dengan virus COVID-19, melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Hepatitis akut yang menyerang anak-anak memang tengah menjadi perhatian dari berbagai pihak, termasuk pemerintah melalui Kemenkes. Dugaan sementara dari laporan yang ada, kata Hanifah, penyebab penyakit ini berasal dari virus yakni adenovirus 41, SARS-CoV, dan virus lainnya.

"Jadi virus-virus yang tadi kita sebutkan itu diduga, karena masih mungkin kejadian yang (terjadi) bersamaan, tetapi bukan sebagai penyebab langsungnya," sebutnya.

"Karena itu menghubungkan virus Covid dan penyakit saja belum bisa ditentukan, apalagi dengan vaksin Covid-nya. Berita seperti itu saya kira perlu diluruskan," lanjutnya.

Kemenkes juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait penemuan kasus hepatitis akut. Kemenkes juga meminta dukungan serius dari Pemerintah Daerah, Fasilitas Kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, SDM Kesehatan juga pemangku kepentingan lain.

(kna/kna)