ADVERTISEMENT

Senin, 09 Mei 2022 06:20 WIB

Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept Hepatitis akut (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Penyebab pasti hepatitis akut yang menggemparkan dunia memang belum diketahui. Namun berbagai dugaan mengarah pada penularan lewat saluran napas dan saluran cerna.

Pada beberapa kasus, dugaan penyebab Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown aetiology) mengerucut pada virus tertentu. Di antaranya adalah adenovirus tipe 41, SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, dan EBV atau Epstein-Barr Virus.

Konsultan gastro hepatologi anak RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K) menjelaskan virus-virus tersebut utamanya menyerang saluran napas dan cerna. Karenanya, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit," jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (5/5/2022).

Sedangkan terkait dugaan penyebab dari virus yang menular lewat pernapasan, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI dr Muzal Kadim, SpA(K), menganjurkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang selama ini dijalankan.

"Protokol untuk COVID-19 ini seperti pakai masker, jaga jarak, untuk mengurangi risiko selain COVID-19 sendiri juga untuk mengurangi risiko penularan (hepatitis) melalui droplet meskipun ini masih dugaan," kata dr Muzal.

Simak video 'Prediksi Dr Faheem Younus soal Wabah Hepatitis Akut Misterius':

[Gambas:Video 20detik]



NEXT: Gejala hepatitis akut misterius

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT