Senin, 09 Mei 2022 08:30 WIB

Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi anak dirawat di RS karena hepatitis misterius. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d)
Jakarta -

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengungkap satu anak berusia tujuh tahun meninggal dunia. Diduga penyebabnya berkaitan dengan hepatitis akut 'misterius'.

Pasalnya, anak tersebut sempat dirawat intensif di rumah sakit dengan gejala hepatitis. Namun, hasil laboratorium disebut tidak mendeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E.

Anak tersebut sebelumnya dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung. "Ya, sudah konfirmasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat, dikutip dari Antara Senin (9/5/2022).

Ia menuturkan temuan kasus hepatitis misterius ini berawal saat pasien mengeluhkan demam dan muntah selama empat hari. Pasien sempat dibawa ke RS swasta, tetapi tak kunjung sembuh hingga pada Jumat (6/5) yang bersangkutan meninggal dunia.

dr Kasil menyebut penyebab hepatitis 'misterius' kerap dikaitkan dengan adenovirus. Virus yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang tidak higienis.

detikcom sudah berupaya meminta konfirmasi Kementerian Kesehatan RI, tetapi hingga berita ini diturunkan juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi belum memberikan tanggapan.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)