ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Mei 2022 09:31 WIB

Luhut Bawa Kabar Baik Soal Omicron RI, Makin Jinak?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden) Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali resmi diperpanjang selama dua pekan hingga 23 Mei 2022 mendatang. Meski begitu, Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bahwa kasus COVID-19 di Indonesia semakin terkendali.

Luhut mengungkapkan kasus varian Omicron yang kini mendominasi di Indonesia juga masih terkendali selama Lebaran. Berdasarkan laporan penambahan kasus COVID-19 secara nasional, kasus Corona harian berada di bawah 1.000 kasus selama 25 hari berturut-turut.

"Kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri yang lalu, hingga saat ini masih sangat terkendali," beber Luhut dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

Selain itu, Luhut menjelaskan tren perbaikan kasus COVID-19 di Indonesia terlihat pada rawat inap yang secara nasional turun hingga 97 persen. Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit saat ini juga rendah, hanya dua persen dari keseluruhan tempat tidur yang tersedia.

Luhut juga menyatakan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Jawa-Bali sampai saat ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus varian Omicron yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Selain itu, kasus kematian juga turun hingga 98 persen yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen," ungkapnya.

Meski kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan, Luhut memastikan pemerintah akan terus memberlakukan PPKM di Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan. Namun, aturan yang berlaku selama PPKM akan terus dipermudah dan dilonggarkan, dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ada.



Simak Video "Jawaban Kemenkes dan Satgas Covid-19 soal Kapan PPKM Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT