ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Mei 2022 10:13 WIB

Mengenal Ilmu Penyakit Dalam, Bidang Keahlian Para Dokter Internis

Tim detikHealth - detikHealth
An Asian girl is indoors in a hospital room. She is wearing casual clothing. An Asian female doctor wearing medical clothing is checking her heartbeat with a stethoscope. Foto: iStock
Jakarta -

Ilmu Penyakit Dalam adalah ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa, meliputi penyakit-penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia. Dokter yang menangani penyakit ini disebut internis.

Internis adalah dokter untuk orang dewasa, orang tua dan remaja yang biasanya berusia 13 tahun ke atas. Mereka diharuskan memiliki pengetahuan klinis dan keahlian baik dalam penyakit sederhana maupun kompleks yang disebabkan oleh atau mempengaruhi organ internal sehingga berurusan dengan kulit dan struktur eksternal lainnya.

Menurut American College of Physicians, departemen ilmu penyakit dalam terdiri atas dua belas divisi yaitu alergi imunologi, gastroenterologi, geriatri, ginjal hipertensi, hematologi onkologi medis, hepatologi, kardiologi, metabolik endokrin, psikosomatik, pulmonology, reumatologi, dan tropik infeksi.

Prevalensi penyakit dalam pada tahun 2016 telah mencapai 71 persen dan menjadi alasan kematian untuk 36 juta jiwa per tahun. Menurut WHO (2018), dari 73 persen kematian yang disebabkan oleh penyakit dalam, 35 persen di antaranya diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah, 6 persen oleh penyakit respirasi kronik, 6 persen oleh diabetes, 12 persen oleh penyakit onkologi, dan 15 persen lainnya disebabkan oleh penyakit dalam lainnya.

Indonesia berada dalam kondisi beban penyakit ganda: penyakit menular dan penyakit tidak menular. Hal ini disebabkan berbagai faktor risiko yang meliputi meningkatnya tekanan darah, indeks massa tubuh, gula darah, eksposur terhadap toksin, dan banyak hal lainnya yang berkontribusi pada meningkatnya prevalensi penyakit dalam di Indonesia.

Riset Kesehatan Dasar (2018) mengumpulkan data mengenai trend peningkatan prevalensi penyakit dalam di Indonesia. Prevalensi tekanan darah tinggi meningkat dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen; stroke meningkat dari 7 menjadi 3,8 per mil, ginjal kronis meningkat dari 2,0 menjadi 3,8 per mil, Diabetes Mellitus meningkat dari 6,9 persen menjadi 10,9 persen; kanker meningkat dari 1,4 menjadi 1,8 per mil, dan seterusnya.

Melihat kondisi tersebut, penting bagi tenaga medis di Indonesia untuk mengedukasi diri sendiri untuk membantu meminimalisasi prevalensi penyakit dalam. AMSA National Project 2022, bertajuk FANTASIA (Fortify Comprehensive Resources on Internal Medicine), merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh AMSA-Indonesia dengan symposium dan workshop-nya sebagai fokus utama.

FANTASIA sendiri bertujuan untuk mengembangkan kompetensi ahli kesehatan, terutama mahasiswa kedokteran, dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam yang akan berjalan dari tanggal 6 Mei - 15 Mei 2022.

Tentunya acara ini tidak berdiri sendiri, tetapi juga menjalankan kerjasama dengan berbagai organisasi non-profit, media partners, dan organisasi pemerintah. Salah satunya merupakan PAPDI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. Oleh karena itu, symposium dan workshop milik AMSA National Project 2022 ini berakreditasi 32 SKP IDI.

Selain bertujuan sebagai wadah edukasi, FANTASIA juga merupakan sebuah sarana bermain dan belajar bagi masyarakat umum yang interaktif, informatif, dan menyenangkan. Mata acara "AMSA's Runway," adalah sebuah ajang kompetisi games dan social service yang akan diselenggarakan pada 15 Mei 2022 pada lima lokasi yang berbeda, yakni Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Kota Ambon, dan Kambang.

Banyak sekali rangkaian lainnya yang merupakan bagian dari AMSA National Project 2022: FANTASIA. Seluruh rangkaian kegiatan juga dipenuhi dengan pelaksanaan kampanye daring melalui Instagram seperti berbagai poster edukasi, live Instagram, serta berbagai mata acara lainnya yang diselenggarakan dalam upaya menyebarluaskan informasi mengenai ilmu penyakit dalam.



Simak Video "Dituding Persulit Izin Praktik Dokter Lulusan Luar Negeri, Apa Kata IDI?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT