ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Mei 2022 10:26 WIB

Waspada Hepatitis Misterius, Segera Bawa Anak ke Dokter Jika Alami Gejala Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Closeup saline IV drip for patient and Infusion pump feeding into child patient while she is sleeping on bed in the hospital Hepatitis misterius pada anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock)
Jakarta -

Lima anak di Indonesia diduga meninggal akibat hepatitis akut misterius. Penyakit ini menyerang kelompok anak berusia 16 tahun ke bawah.

"Sampai saat ini ada lima kasus yang meninggal (termasuk di Sumatera Barat)," konfirmasi dr Nadia kepada detikcom melalui pesan singkat Senin (9/5/2022).

Para ahli menduga infeksi hepatitis ini disebabkan oleh virus yang umumnya menyerang saluran pencernaan dan saluran pernapasan. Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan orang tua, yakni:

  • mual
  • muntah
  • sakit perut
  • diare
  • demam ringan

"Biasanya kalau dia buang air besar dan kemudian mulai ada demam, nah itu di cek SGPT & SGOT-nya. kalau sudah di atas 100, lebih baik dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

SGPT SGOT adalah tes darah yang membantu mengetahui fungsi hati atau liver. Cara kerjanya dengan mengukur kadar aspartat aminotransferase dalam darah.

Jika terlalu banyak enzim ini, bisa mengindikasikan adanya masalah seperti kerusakan hati. Umumnya, tes ini dilakukan jika seseorang mengalami gejala-gejala hepatitis B atau C.



Simak Video "Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT