Deretan Seleb yang Didiagnosis Lupus, Selena Gomez Sampai Transplantasi Ginjal

ADVERTISEMENT

Deretan Seleb yang Didiagnosis Lupus, Selena Gomez Sampai Transplantasi Ginjal

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Selasa, 10 Mei 2022 17:32 WIB
Celebrities arrive at the 28th annual Screen Actors Guild Awards at the Barker Hangar on Sunday, Feb. 27, 2022, in Santa Monica, Calif. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)
Foto: Jordan Strauss/Invision/AP
Jakarta -

Tidak sedikit selebriti dunia didiagnosis penyakit lupus. Penyakit autoimun kronis ini bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak.

Masih belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengidap lupus. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya penyakit ini.

Siapa saja lima artis papan yang didiagnosis lupus? Berikut daftarnya:

1. Selena Gomez

Beberapa tahun kebelakang media publik sempat dihebohkan dengan fakta bahwa Selena Gomez pernah menderita lupus. Dikutip dari ELLE, penyanyi ini pernah didiagnosis lupus, bipolar, sampai transplantasi ginjal.

"Lupus, transplantasi ginjal, kemoterapi, memiliki penyakit mental, mengalami patah hati. Ini semua adalah hal yang sejujurnya seharusnya membuat saya jatuh," ucapnya, dikutip pada Senin (9/5/2022).

Selena menjalani transplantasi ginjal pada tahun 2017, dan mendapatkan donor ginjal dari sahabatnya, Francia Raisa.

"Saya terus memikirkan betapa tubuh saya adalah milik saya sendiri. (Setelah operasi) saya memiliki rasa syukur ini untuk diri saya sendiri. Saya tidak berpikir saya pernah berhenti dan berkata, "Saya benar-benar bersyukur atas diri sendiri," ucapnya kepada majalah Billboard.

2. Paula Abdul

Salah satu aktris Hollywood yang juga menderita lupus adalah Paula Abdul, pembawa lagu Rush Rush ini juga aktif dalam komunitas lupus sama seperti Selena Gomez. Bahkan Paula menjadi pendukung utama di komunitas Lupus Los Angeles untuk melakukan advokasi kesadaran dan penelitian terkait penyakit lupus.

3. Toni Braxton

Penyanyi asal Amerika Serikat kelahiran 1976 ini juga pernah didiagnosis lupus pada tahun 2008, ia menceritakan perjuangannya dalam melawan penyakit ini melalui media sosial Twitter pada tahun 2011.

"Pengobatan Lupus sebenarnya menyebabkan sebagian besar wanita menambah berat badan. Tapi kami masih luar biasa! Saya akan mengatasinya," tulisnya.

Namun, saat menderita lupus Toni tetap bekerja hanya saja ia harus terus dipantau secara teratur terkait kesehatannya.

4. Nick Cannon

Nick Cannon menderita lupus pada tahun 2012, dalam sebuah pernyataan ia menyebutkan tetap membuat dirinya sibuk sebagai bentuk motivasi.

"Penyakit itu benar-benar memotivasi saya. Bahkan ketika merasa sakit, saya tetap merasa semangat bekerja," katanya.

Tidak hanya itu ia juga membuat sebuah dokumenter terkait pengalaman sakitnya agar bisa menginspirasi banyak orang.

"Saya ingin mendokumentasikan proses ini karena saya ingin menginspirasi orang lain yang mungkin menghadapi kondisi ini atau kondisi serupa. Saya ingin menyerukan bahwa penyakit ini tak bisa menghentikan Anda," katanya kepada HuffPost Live.

KLIK UNTUK BACA HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Covid-19 Jadi Penyebab Munculnya Kasus Polio di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT