Hari Lupus Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Warna Twibbon

ADVERTISEMENT

Hari Lupus Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Warna Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 10 Mei 2022 04:41 WIB
World lupus day design banner for social media, campaign, and blog post. Lupus autoimmune disease vector illustration.
Hari Lupus Sedunia 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Logvinart)
Jakarta -

Hari Lupus Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Lupus Day jatuh pada hari Selasa (10/5/2022). Momen ini dirayakan setiap tahun pada tanggal 10 Mei dengan tema berbeda, bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait penyakit yang sangat berbahaya tersebut.

Sebagai informasi, lupus atau penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing (non-self) dengan sel serta jaringan tubuh sendiri (self).

Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat. Penyakit ini umumnya bisa dialami oleh siapa saja, baik remaja, maupun dewasa, namun paling rentan dialami oleh wanita usia produktif (15-50 tahun).

Warna Hari Lupus Sedunia

Dikutip dari Lupus Foundation of America, Senin (9/5/2022), World Lupus Day dikaitkan dengan warna ungu, orang dapat menunjukkan dukungan dengan mengenakan pakaian ungu. Ini sebagai simbolik dalam perjuangan untuk mengakhiri dampak brutal dari penyakit lupus.

Sejarah Hari Lupus Sedunia

Hari Lupus Sedunia dibuat oleh komunitas Lupus Kanada pada tahun 2004 untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit yang jarang diketahui orang ini. Pasalnya, masih banyak orang yang belum mengetahui informasi terkait lupus ini, sehingga dapat berdampak buruk bagi pengidap dan keluarganya.

Awalnya World Lupus Day diselenggarakan oleh komunitas lupus dari tiga belas negara. Mereka meminta pemerintah mereka untuk meningkatkan dana untuk penelitian, menyediakan layanan pasien yang lebih baik, meningkatkan data epidemiologi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat.

Twibbon Hari Lupus Sedunia

Selain menggunakan pakaian serba ungu, jangan lupa juga untuk meriahkan dengan menggunakan aneka ragam twibbon lucu. Berikut link twibbon yang bisa digunakan dan gratis.

  1. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  2. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  3. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  4. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  5. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  6. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022
  7. LINK TWIBBON HARI LUPUS SEDUNIA 2022


Simak Video "Covid-19 Jadi Penyebab Munculnya Kasus Polio di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT