Selasa, 10 Mei 2022 21:00 WIB

Tak Mau Kebobolan, Ini Langkah China Cegah Kasus Hepatitis Misterius

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lockdown di salah satu kota terbesar China, Shanghai, masih berlangsung. Lebih dari 10 ribu petugas kesehatan pun dikirimkan ke sana untuk bantu atasi COVID-19. Foto: AP Photo
Jakarta -

Otoritas China terus memantau tren perkembangan kasus hepatitis akut misterius pada anak yang terjadi di banyak negara. Hal ini dilatarbelakangi pengalaman China saat menghadapi pandemi COVID-19.

Komisi Kesehatan Nasional China menyebut hingga kini belum ada kejadian hepatitis akut misterius yang menyerang anak yang dilaporkan. Namun mereka mengingatkan orang tua untuk mewaspadai gejala.

Hepatitis ini menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun, dengan kebanyakan pasien berusia bawah usia 10 tahun. Mereka menunjukkan gejala termasuk penyakit kuning, mual, sakit perut, dan kelelahan.

"Orang tua harus memberikan perhatian ekstra jika anak-anak mereka menunjukkan gejala seperti itu dan membawa mereka ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata komisi itu dikutip dari China Daily.

Mereka juga mengingatkan langkah-langkah pencegahan utama adalah menahan diri dari membawa anak-anak ke tempat-tempat umum yang ramai dan berventilasi buruk, memastikan anak tidur dan nutrisi yang cukup, menjaga jarak sosial, dan memastikan pakaian dan benda-benda yang sering disentuh anak-anak tetap bersih.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)