Rabu, 11 Mei 2022 05:00 WIB

Round Up

COVID-19 Terus Melandai, Satgas Sebut RI Mulai Transisi Menuju Endemi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebanyak 17 murid SMAN 2 Bantul, DIY, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak sekolah pun menggelar swab massal kepada guru dan siswa. COVID-19 makin terkendali (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Situasi COVID-19 di Indonesia belakangan ini dinilai makin terkendali. Juru bicara Satgas Penanggulangan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut sudah terjadi transisi menuju fase endemi.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini, Indonesia sudah tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Prof Wiku dalam konferensi pers, Selasa (10/5/2022).

Beberapa indikator yang menunjukkan hal itu menurut Prof Wiku adalah adanya penurunan kasus, perawatan intensif di rumah sakit, dan angka kematian. Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang meningkat, angka pengangguran menurun, dan indeks belanja maupun mobilitas ke luar rumah yang meningkat juga menunjukkan bahwa dampak COVID-19 terus menurun.

Beberapa data yang menunjukkan adanya perbaikan situasi COVID-19 di Indonesia:

  • Rawat inap menurun hingga 97 persen
  • Tingkat hunian tempat tidur hanya 2 persen
  • Kasus kematian menurun hingga 98 persen
  • Positivity rate nasional sebesar 0,7 persen

Meski demikian, Prof Wiku meminta untuk terus mewaspadai kemungkinan terjadinya lonjakan kasus seperti dialami beberapa negara termasuk Jepang dan Taiwan. Selain itu, kemunculan varian baru yakni BA.4 dan BA.5 di Afrika Selatan juga diwaspadai sebagai pemantik gelombang kasus yang baru.

"PPKM masih tetap diberlakukan sebagai instrumen pengendalian COVID-19 yang secara fakta telah mampu melandaikan kondisi kenaikan kasus dan mempertahankannya hingga saat ini," terang Prof Wiku.

"Selain itu penggunaan masker masih tetap diwajibkan sebagaimana arahan WHO," tandasnya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)