Selasa, 10 Mei 2022 17:40 WIB

Satgas Sebut Pandemi COVID-19 RI Sudah Transisi ke Endemi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Indonesia disebut telah mulai bertransisi pandemi COVID-19 menjadi endemi. Selain mengacu pada menurunnya tren kasus COVID-19, hal tersebut juga berpatok pada mulai kembali tingginya mobilitas masyarakat.

"Sebagaimana yang tertera pada data COVID-19 kini, nampak adanya penurunan angka kasus, perawatan di rumah sakit termasuk layanan intensif, dan kematian," beber juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/5/2022).

Menurutnya, Indonesia kini sudah mulai bertransisi menuju endemi COVID-19. Meski begitu ditegaskan, upaya pengendalian dan pengawasan akan tetap dijalankan menyesuaikan kondisi COVID-19 di Indonesia kini.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini, Indonesia sudah tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," terang Prof Wiku.

"Hal ini tercermin pada mulai menurunnya besar efek COVID-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. misalnya pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeksi belanja meningkat dan mobilitas masyarakat keluar rumah," pungkasnya.

(vyp/kna)