Rabu, 11 Mei 2022 22:00 WIB

Jelang PTM, Dokter Beri Tips Agar Anak Terhindar dari Hepatitis Misterius

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
ilustrasi ptm Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pembelajaran tatap muka (PTM) bagi anak-anak sekolah tetap berlangsung di tengah ancaman hepatitis akut misterius. Rasa khawatir orang tua pun muncul, mengingat penyakit tersebut telah memakan korban jiwa.

Menurut Kementerian Kesehatan, dugaan sementara hepatitis akut misterius disebabkan oleh Adenovirus. Jenis virus tersebut biasa menyerang saluran cerna.

"Bahwa penularan (hepatitis misterius) utamanya lewat fekal oral, lewat tangan kotor, makanan terkontaminasi, atau kontak dengan orang yang sakit," kata dr Titi Sundari, SpP(K), dari RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, dikutip dari siaran Instagram Live Radio Kesehatan, Rabu (11/5/2022).

Maka dari itu, jelang pembelajaran tatap muka (PTM), orang tua diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan memberikan edukasi kepada anak-anaknya dalam upaya pencegahan hepatitis akut misterius.

Berikut langkah pencegahan untuk menghindari virus yang menular melalui saluran cerna, berdasarkan pemaparan dr Titi Sundari:

1. Rutin Mencuci Tangan

dr Titi menghimbau agar para orang tua mulai memberikan edukasi mengenai penyakit hepatitis akut misterius dan pentingnya menjaga kebersihan. Ajarkan anak untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

"Sering2 mencuci tangan dengan sabut. Dan untuk pihak sekolah, wajib menyediakan wastaefel, sabun, towel (handuk), untuk mencuci tangan," imbaunya.

2. Membawakan Bekal Anak

Guna menghindari anak mengkonsumsi makanan sembarang, sebaiknya orang tua menyiapkan bekal untuk anak. Sebab, makanan yang diolah di rumah, lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

"Sebaiknya membawakan bekal putra dan putrinya atau pastikan makanan yang dimakan, dimasak dengan baik dan benar," terangnya.

Ingatkan juga anak-anak untuk tidak jajan sembarangan saat mulai bersekolah.

Selanjutnya
Halaman
1 2