Kamis, 12 Mei 2022 16:17 WIB

Mengenal Hepatitis Akut: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahan

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Hepatitis akut (Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat)
Jakarta -

Hepatitis akut adalah masalah peradangan pada organ hati atau liver yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Lantas, apa saja penyebab dan gejala hepatitis akut? Simak selengkapnya berikut ini.

Dikutip dari National Library of Medicine (NIH), hepatitis dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis berdasarkan durasi peradangan dan kerusakan parenkim hati. Jika periode peradangan berlangsung kurang dari enam bulan, maka kondisi ini disebut hepatitis akut. Sebaliknya, jika peradangan berlangsung lebih dari enam bulan, maka kondisi ini disebut hepatitis kronis.

Biasanya hepatitis akut disebabkan oleh infeksi virus. Namun, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, seperti cedera pada organ hati, infeksi bakteri, dan kerusakan organ hati

Untuk mengetahui hepatitis akut, dokter akan melakukan tes fungsi hati, yaitu tes darah untuk diagnosis gangguan pada organ hati.

Gejala Hepatitis Akut

Hepatitis akut dapat menyebabkan gejala ringan seperti flu hingga gagal hati yang fatal. Bahkan, kondisi ini terkadang tidak menimbulkan gejala. Tingkat keparahan gejala dan kecepatan pemulihan sangat bervariasi, tergantung pada virus tertentu dan respons orang tersebut terhadap infeksi.

Hepatitis A dan C sering menyebabkan gejala yang sangat ringan atau bahkan tidak menimbulkan gejala. Hepatitis B dan E lebih sering menghasilkan gejala yang parah.

Gejala hepatitis akut adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Feses berwarna pucat
  • Nafsu makan yang menurun
  • Lelah atau tidak enak badan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri di bagian kanan atas perut

Terkadang, seseorang yang terinfeksi juga mengalami nyeri sendi dan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, ada gejala hepatitis akut pada anak-anak adalah

  • Diare
  • Gangguan pernapasan
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Tubuh menguning

Penyebab Hepatitis Akut

Terdapat dua penyebab hepatitis akut, yaitu infeksi virus dan nonvirus.

1. Infeksi Virus

Ada lima jenis virus penyebab hepatitis, antara lain:

Hepatitis A

Virus ini menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, memiliki tingkat resiko yang rendah dan dapat membaik dengan sendirinya.

Hepatitis B

Virus ini memiliki tingkat resiko yang tinggi karena dapat menyebabkan kondisi fatal seperti gagal liver. Penyebarannya melalui darah atau cairan tubuh, seperti penggunaan jarum suntik.

Hepatitis C

Ini merupakan virus hepatitis yang paling berbahaya. Pasalnya, virus ini bisa membuat seseorang membutuhkan transplantasi hati. Cara penyebarannya sama dengan virus hepatitis B.

Hepatitis D

Virus ini hanya menginfeksi ketika seseorang sudah terjangkit hepatitis B. Kondisi ini membuat penyakit semakin parah.

Hepatitis E

Virus ini menyebar di daerah yang kekurangan air bersih dan sanitasi yang layak. Hepatitis E umumnya menyebar di Asia, Afrika, dan Mexico.

2. Nonvirus

Selain karena virus, hepatitis akut juga disebabkan oleh hal lain. Ada dua hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi, yaitu:

Racun

Terdapat zat yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada hati, seperti alkohol dan obat berbahaya.

Kondisi Autoimun

Sistem kekebalan tubuh menganggap organ hati sebagai objek berbahaya, sehingga menyerang sel sehat pada hati yang akhirnya menghambat fungsi organ tersebut.

Cara Pencegahan Hepatitis Akut

Untuk mencegah terjadinya hepatitis akut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara pencegahan hepatitis akut adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Pola Hidup Bersih

Menjaga kebersihan adalah cara yang paling efektif untuk mencegah hepatitis akut. Jika sedang berpergian jauh, terutama ke daerah yang tingkat kebersihannya kurang baik, maka hindari mengonsumsi air rebusan, es, atau makanan yang tidak dimasak terlebih dahulu.

2. Tidak Berbagi Alat Pribadi

Penularan hepatitis akut melalui darah dan cairan dapat dicegah dengan tidak berbagi alat-alat pribadi. Barang-barang yang tidak boleh digunakan oleh orang lain adalah alat cukur, sikat gigi, gunting kuku, dan jarum obat-obatan.

3. Vaksin

Kunci untuk mencegah kondisi ini terjadi adalah dengan menggunakan vaksin hepatitis. Ada vaksin yang tersedia untuk mencegah perkembangan hepatitis A dan B.



Simak Video "Kenali Gejala Hepatitis Akut Misterius Sebelum Terlambat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya