Kamis, 12 Mei 2022 17:00 WIB

Waswas Hepatitis Akut, Bisakah Anak yang Terinfeksi Sembuh?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Anak sakit Foto: iStock
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mencatat kasus hepatitis akut di Indonesia bertambah menjadi 18 orang per Kamis (12/5/2022). Penyakit ini semakin mengkhawatirkan setelah Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengkonfirmasi penambahan pasien meninggal.

"Jadi yang meninggal ada empat dari DKI Jakarta, 1 dari Sumatera Barat, 1 Kalimantan Timur dan 1 Jawa Timur," tutur dr Nadia saat dihubungi detikcom Kamis (12/5/).

Meski hepatitis akut dipastikan penyakit yang menyebabkan gejala berat hingga kematian, bukan berarti mustahil untuk disembuhkan.

Kepala Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSPI Sulianti Saroso, dr Titi Sundari, SpP(K), mengatakan bahwa berdasarkan data global anak yang terinfeksi hepatitis akut, banyak yang berhasil disembuhkan.

"Data yang ada sekarang bahwa di luar negeri ada kasus yang meninggal, tapi yang bisa survive juga banyak. Yang penting harus diperhatikan adalah kenali gejala (hepatitis akut) secara dini," kata dr Titi dalam siaran Radio Kesehatan, dikutip Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut dr Titi menjelaskan gejala awal hepatitis akut berupa demam, diare, sakit perut, mual dan muntah. Ia menghimbau agar para orang tua mewaspadai gejala, sebelum kondisi anak semakin parah.

"Jangan anak dibawa dalam keadaan kekurangan kesadaran, muka pucat, atau anak sudah lemas, kondisi itu berat sekali. Kalau (gejala) ditemukan secara dini, bisa dilakukan perawatan, akan banyak yang selamat dan sembuh kembali," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, hepatitis akut yang saat ini menyebar, menular melalui saluran cerna atau fekal oral dari tangan yang tidak bersih maupun makanan yang tercemar. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kebersihan tangan dan lingkungan.



Simak Video "Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Tak Akan Sebesar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya