Jumat, 13 Mei 2022 15:30 WIB

Soal Biang Kerok di Balik Hepatitis 'Misterius', Sudah Sampai Mana Pencariannya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Jakarta -

Penyebab merebaknya hepatitis misterius pada anak-anak di sejumlah negara hingga kini belum terkuak. Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, penyakit hepatitis sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Namun yang membuat hepatitis kali ini misterius, tak lain jenisnya tak tergolong kategori hepatitis yang sudah ada di Indonesia sebelumnya.

"Hepatitis ini sudah lama yaitu disebut dengan hepatitis A, B, C, D dan E dan untuk mendiagnosis hepatitis ini pemeriksaan harus dilakukan," terang Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual, Jumat (13/5/2022).

"Yang disebut misterius atau belum diketahui ini memang tidak masuk kategori itu. Bukan hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia juga masih dalam mencari dan mengkaji. Bahkan WHO belum bisa memberikan definisi konfirmasi," lanjutnya.

Seperti Awal COVID-19 Merebak

Menurut dr Syahril, layaknya awal-awal COVID-19 merebak, penyakit hepatitis misterius masih menjadi pertanyaan bagi banyak negara. Untuk itu kini kajian dan data seputar kasus hepatitis menjadi informasi penting,

"Itu kita dapat juga pelajaran untuk bagaimana kelak melakukan kajian-kajian sehingga mempunyai database dengan penelitian ini, dapat mendapatkan informasi berharga," bebernya.

"Sama halnya dengan COVID-19, kita dari nol juga seluruh dunia dan akhirnya menemukan bagaimana diagnosis, memberikan pengobatan dan akhirnya dengan vaksinasi," pungkas dr Syahril.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya