Jumat, 13 Mei 2022 14:00 WIB

Kronologi Anak di Jakbar Meninggal Diduga Hepatitis Misterius

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Closeup saline IV drip for patient and Infusion pump feeding into child patient while she is sleeping on bed in the hospital Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock
Jakarta -

Seorang anak di Jakarta Barat meninggal dunia diduga akibat hepatitis akut misterius. Sebelumnya sang anak sempat dirawat secara intensif di rumah sakit.

"Meninggal dunia terindikasi kemungkinan (probable) hepatitis akut yang masih belum diketahui etiologinya," kata Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudinkes Jakarta Barat, Arum Ambarsari dikutip dari Antara, Jumat (13/5/2022).

Arum mengatakan warga Taman Sari tersebut sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawah Besar pada 15 April lalu dirujuk ke RSUD Cipto Mangunkusumo pada 17 April.

Setelah dilakukan perawatan, anak tersebut dinyatakan meninggal pada 19 April 2022. Setelah mendapatkan laporan tersebut, pihak Dinkes langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah korban.

Mereka memeriksa kondisi rumah dan lingkungan tempat korban tinggal.

"Kami juga meneliti faktor lingkungan yang menyebabkan risiko terjadinya hepatitis akut," kata Arum.

Sebelumnya juru bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada dugaan bahwa hepatitis misterius ini dipicu oleh adenovirus strain 41. Nadia menjelaskan, layaknya hepatitis, adenovirus pun sudah lama ada di Indonesia.

Menurut dr Nadia, terdapat banyak faktor penyebab adenovirus bisa bermutasi. Inggris, negara yang sudah mencatat ratusan kasus hepatitis misterius, mencari tahu penyebab mutasi adenovirus kini.

"Bisa juga adenovirus ini muncul dengan adenovirus yang sudah bermutasi, karena memang penyakitnya sudah ada di sini. Virus sudah ada lama baik hepatitis (atau) adenovirus, maka penularan penyebabnya tidak lewat pelaku perjalanan baik luar negeri maupun dalam negeri. Jadi memang sudah terjadi mutasi, ini faktor-faktornya banyak," jelasnya.



Simak Video "Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Bisa Menyebar Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya